Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Besok, Klinik Berjalan Vaksinasi Covid-19 Beroperasi di Jakarta Utara

Mobil hibah dari PT Astra Daihatsu Motor diharapkan dapat mendekatkan pelayanan vaksinasi kepada warga yang bermukim di area padat penduduk.
Dua mobil klinik berjalan (mobile clinic) di Kantor Wali Kota Jakarta, Senin (12/7/2021)./Antara
Dua mobil klinik berjalan (mobile clinic) di Kantor Wali Kota Jakarta, Senin (12/7/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah unit klinik berjalan (mobile clinic) milik Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Utara, akan memulai layani vaksin Covid-19 secara berkeliling di kawasan itu, Selasa (13/7/2021).

"Tujuan dari mobil vaksin keliling itu adalah mempermudah dan mendekatkan pelayanan vaksinasi ke tengah masyarakat, sehingga bisa menjangkau langsung ke sejumlah Pos RW," ujar Kepala Sudinkes Jakarta Utara dr Yudi Dimyati dalam keterangannya di Jakarta, Senin (12/7/2021).

Mobil hibah dari PT Astra Daihatsu Motor yang kini berada di Kantor Wali Kota Jakarta Utara itu diharapkan dapat mendekatkan pelayanan vaksinasi kepada warga yang bermukim di area padat penduduk.

Yudi berharap satu unit mobil vaksinasi keliling itu dapat melayani sekitar 250 orang per hari, sehingga jika dua mobil beroperasi sekaligus, bisa melayani sekitar 500 orang.

Selain itu, pelayanan vaksinasi keliling tersebut juga akan melibatkan tenaga kesehatan (nakes) dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara.

Para tenaga kesehatan itu akan bersinergi dengan lurah, ketua rukun tetangga/ rukun warga, kader, pengelola RPTRA, Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan, unsur kewilayahan serta elemen masyarakat lainnya guna mendukung pelayanan vaksinasi tersebut.

"Satu mobil itu ada tiga orang nakes dibantu tim penunjang seperti kader, pengelola RPTRA, dan PPSU yang diperkirakan berjumlah 20 orang. Semua unsur dilibatkan untuk mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 di wilayah Jakarta Utara," kata Yudi.

Pelaksanaan vaksinasi di lapangan akan dibantu oleh kader kesehatan, posyandu, dan pengelola RPTRA.

Sedangkan, anggota PPSU Kelurahan yang akan mengatur alur antrean warga yang ingin divaksinasi supaya tidak terjadi kerumunan.

Yudi menambahkan, tim tenaga kesehatan bertugas sebagai petugas pemberi vaksin dan konsultan kesehatan apabila ada masalah kesehatan yang ingin ditanyakan oleh warga.

Diharapkan, seluruh masyarakat yang belum vaksin tidak ragu mendatangi lokasi mobil vaksin keliling tersebut karena layanannya gratis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper