Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Baswedan Intruksikan Peresmian JIS Desember 2021

Anies Baswedan mengintruksikan Jakarta International Stadium atau JIS diresmikan pada Desember 2021.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan./Dok. Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan./Dok. Pemprov DKI

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengintruksikan Jakarta International Stadium atau JIS diresmikan pada Desember 2021.

Amanat itu tertuang dalam Intruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022 yang ditetapkan pada tanggal 4 Agustus 2021.

“Diresmikannya stadion JIS pada Desember 2021,” tulis Anies melalui Ingub seperti dilihat Bisnis, Senin (9/8/2021).

Anies meminta Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali untuk memimpin dan mengendalikan Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022 tersebut.

Marullah diharapkan dapat memberdayakan seluruh Asisten beserta Perangkat Daerah Provinsi DKI Jakarta serta BUMD dan potensi daerah lainnya.

Kepada Marullah, Anies memberikan target rampungnya penambahan rute baru KCI Jatinegara-Rajawali-Ancol-Priok pada Oktober 2021, terbangunnya pemberian akses ramp tol ke area JIS pada Juni 2022 dan terbangunnya penambahan stasiun KAI baru di sisi barat dan timur JIS pada Juni 2022.

“Melaporkan ketercapaian Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022 sebagaimana dimaksud kepada gubernur setiap dua minggu,” tulis Anies.

Sebelumnya, Anies sudah mengalokasikan dana Penyertaan Modal Daerah atau PMD Rp2,464 triliun kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) pada tahun ini. Suntikan dana tersebut dialokasikan untuk penyelesaian proyek Jakarta International Stadium (JIS) di akhir tahun 2021.

Hal itu diungkapkan Project Manager JIS Arry Wibowo terkait pembiayaan finalisasi pembangunan JIS yang ditargetkan rampung tahun ini.

“Total biaya investasi itu Rp4,546 triliun, ini jumlah dana yang besar dengan skema PMD multiyears dari 2019 hingga 2021. Kita sudah menginjak tahun terakhir, ibarat sepak bola kita sudah masuk babak final,” kata Arry dalam diskusi daring Jakpro, Selasa (29/6/2021).

PMD dengan skema multiyears atau tahun jamak itu dialokasikan Rp900 miliar pada tahun 2019 dan Rp1,182 triliun di tahun 2020. Belakangan, Anies mengalokasikan PMD sebesar Rp2,464 triliun untuk menggenapi total investasi pada pengerjaan JIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper