Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! Ancol Resmi Jadi Venue Formula E Jakarta

Ancol ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan Formula E lantaran dinilai menjadi lokasi yang dinamis.
Formula E/Ilustrasi
Formula E/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Taman Impian Jaya Ancol resmi ditunjuk sebagai lokasi sirkuit penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022.

Ketua Panitia Pelaksanan Formula E Ahmad Sahroni mengatakan, keputusan pemilihan lokasi tersebut telah dikaji secara matang oleh FEO dan FIA dari sejumlah lokasi yang menjadi kandidat sirkuit sampai akhirnya dipilihlah Ancol sebagai lokasi balap.

"Dari akhir 2 lembaga tersebut (FIA dan FEO) baru tadi pagi diberikan approved sirkuit pegelaran Formula E di Jakarta di Ancol," katanya kepada wartawan, Rabu (22/12/2021).

Dia menjelaskan, Ancol ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan Formula E lantaran dinilai menjadi lokasi yang dinamis. 

“[Ancol] Ikonik, Jakarta dan tempatnya tidak mengganggu prasarana jalan masyarakat yang lain. Tertutup pelaksanaan event 1 hari 4 Juni 2022," katanya.

Selain itu, dia melanjutkan bahwa awalnya terdapat 5 lokasi yang dipertimbangkan, yaitu Gelora Bung Karno (GBK), Sudirman, Thamrin, Pantai Indah Kapuk, dan Ancol.

Dia pun mengungkapkan, alasan dari lambatnya pengumuman lokasi lantaran panitia menggunggu keputusan FIA dan FEO.

“Kalau saya yang memutuskan regulasi balap dari kemarin pas saya ditunjuk sebagai ketua OC saya langsung umumin. Namun, ini harus menunggu approval FEO dan FIA maka dua lembaga tersebut mengkaji tempat yang sudah ada. Baru tadi pagi diberikan approval sirkuit penyelenggaraan Formula E adalah di Ancol,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan alasan pemilihan Ancol sebagai lokasi penyelenggaraan, sebab sirkuit tidak perlu dibangun dari awal seperti Formula 1 atau moto GP. 

“Lokasi tersebut yang bisa diapprove memang lokasi dari mereka. Nanti akan ditayangkan gambar yang sudah diapprove FEO dan FIA,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper