Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tajir Melintir, Harta Heru Budi Hartono 2 Kali Lipat dari Anies Baswedan

Harta Heru Budi Hartono lebih dari dua kali lipat dari kekayaan bersih milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Mensesneg Pratikno (kanan) berbincang dengan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono seusai pelantikan di Gedung Setneg, Jakarta, Kamis (20/7)./ANTARA-Wahyu Putro A
Mensesneg Pratikno (kanan) berbincang dengan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono seusai pelantikan di Gedung Setneg, Jakarta, Kamis (20/7)./ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA- Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta menyodorkan nama Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono sebagai pejabat pengganti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Menurutnya pria 56 tahun tersebut merupakan sosok yang tepat untuk DKI Jakarta.

Mengingat Heru, menurut Gembong, sosok yang paling tahu tentang Jakarta, karena pernah pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara (2014) hingga Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI Jakarta (2015-2017).

Namun yang pasti, lanjut dia, terkait siapa sosok pejabat pengganti Gubernur DKI Jakarta seluruhnya merupakan kewenangan Presiden. 

Heru sendiri tercatat memiliki total kekayaan hingga Rp25,8 miliar. Hal tersebut diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) yang dilaporkan olehnya pada 18 Maret 2021 untuk periode 2020.

Adapun tanah dan bangunan menjadi kekayaan yang terbesar dengan nilai mencapai Rp16.272.469.000. Dia memiliki tanah dan bangunan tersebar di Bekasi, Jakarta Timur, Bogor, dan Jakarta Utara.

Heru juga memiliki tujuh kendaraan bermotor yang total nilainya mencapai Rp952.300. Rinciannya, dua kendaraan roda dua yakni motor Honda ND.125 KIRA tahun 2003 yang merupakan hibah dengan akta bernilai Rp3,3 juta dan motor Honda senilai Rp34 juta hasil sendiri.

Kemudian, kendaraan roda empat, Suzuki Escudo tahun 1996 hasil sendiri Rp46 juta, Toyota Hilux tahun 2015 hasil sendiri Rp222 juta, dan Jimny Jimny tahun 2019 hasil sendiri Rp256 juta.

Heru juga memiliki kendaraan mewah Harley Davidson tahun 2020 bernilai Rp350 juta dan sepeda brompton Rp40 juta hasil sendiri. Heru juga disebutkan memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp416.300.000, serta harta berbentuk kas dan setara kas Rp8.685.681.558.

Lebih Kaya dari Anies

Dengan total harta Rp25,8 miliar, Heru jauh lebih tajir dibandingkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maupun Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Anies, masih bersumber dari LHKPN, tercatat memiliki harta senilai Rp10,9 miliar. Mayoritas harta Anies berupa tanah dan bangunan yang  nilainya mencapai Rp13,3 miliar. Harta kas setara kas senilai Rp2 miliar, hingga harta bergerak lainnya senilai Rp1 miliar.

Total harta Anies Baswedan sebenarnya mencapai Rp17,7 miliar. Namun karena ada utang senilai Rp6,8 miliar, maka total kekayaan bersih Anies hanya di kisaran Rp10,9 miliar.

Sementara itu harta Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria tercatat senilai Rp21,5 miliar yang sebagian besar didominasi harta berupa tanag dan bangunan senilai Rp18,6 miliar.

Masa jabatan Anies diketahui akan berakhir pada Oktober 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah mengimbau jajarannya untuk mencari pejabat pengganti untuk 101 Kepala Daerah yang masa jabatannya akan segera berakhir, salah satunya Anies Baswedan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler