Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Gratis 2022, Pemprov DKI Anggarkan Rp13,7 Miliar

Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan anggaran senilai Rp13,7 miliar untuk penyelenggaraan program mudik gratis 2022.
Pemudik mengikuti mudik bersama yang diprakarsai oleh Pemprov DKI Jakarta di kawasan Silang Monas, Jakarta, Kamis (30/5/2019)./Antara
Pemudik mengikuti mudik bersama yang diprakarsai oleh Pemprov DKI Jakarta di kawasan Silang Monas, Jakarta, Kamis (30/5/2019)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengalokasikan anggaran senilai Rp13,7 miliar untuk penyelenggaraan program mudik gratis hari raya Idulfitri 2022.

"Sudah dianggarkan Rp13,7 miliar," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat kepada wartawan pada Kamis (21/4/2022).

Kendati demikian, sambungnya, sampai dengan saat ini anggaran tersebut belum terserap karena program mudik gratis baru akan dilaksanakan beberapa hari mendatang.

Berdasarkan informasi terakhir dari Pemprov DKI, pendaftar program mudik gratis Idulfitri 2022 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hari ini sudah mencapai 6.500 orang. Total kuota untuk mudik dan balik sebanyak 19.000.

Yayat mengatakan pemprov telah menyiapkan jalur antrean di pendaftaran online untuk menghindari terjadinya error.

"Kemarin error karena trafiknya pada saat itu mencapai 4,8 juta orang yang mengakses, tapi kami sudah membuat jalur antrean. Kemungkinan besar pasti bisa masuk asal mengantre," kata Yayat.

Mengutip unggahan resmi Instagram Dinas Perhubungan DKI Jakarta, warga yang ingin ikut mudik gratis DKI Jakarta harus mengikuti syarat dan cara pendaftaran yang telah ditetapkan.

Berikut syarat, jadwal dan cara daftar mudik gratis 2022 DKI Jakarta:

1. Syarat mudik gratis

- Warga yang memiliki KTP domisili DKI Jakarta
- Warga sudah mendapatkan vaksinasi ketiga (booster)
- Warga yang membawa/memiliki sepeda motor wajib melampirkan STNK
- Warga yang perjalanan pergi dan kembali dari dan ke DKI Jakarta
- Pendaftaran maksimal 4 orang per KK ditambah 1 sepeda motor
- Pendaftaran online melalui website www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui Whatsapp ke 081231885758
- Setelah mengisi form pendaftaran, petugas panitia akan menghubungi untuk jadwal verifikasi offline. Pastikan nomor Anda aktif agar dapat dihubungi.
- Calon pemudik datang ke lokasi verifikasi offline sesuai dengan tempat dan waktu yang tertera di tiket kode booking (QR Code) untuk mendapatkan e-tiket keberangkatan.

- Lokasi verifikasi offline di Dinas Perhubungan (Dishub)DKI Jakarta, Suku Dishub Kota Jakarta Barat, Suku Dishub Kota Jakarta Pusat, Suku Dishub Kota Jakarta Timur, Suku Dishub Kota Jakarta Selatan, dan Suku Dishub Kota Jakarta Utara.

2. Jadwal mudik gratis

- Truk, 27 April 2022 di Terminal Pulo Gadung
- Bus, 26 April 2022 di Terminal Terpadu Pulo Gebang

3. Jadwal arus balik

- Truk, 7 Mei 2022 di lokasi masing-masing dengan tujuan terminal Pulo Gadung
- Bus, 8 Mei 2022 di lokasi masing-masing dengan tujuan terminal terpadu Pulo Gebang.

4. Cara daftar mudik gratis

Untuk pendaftaran sendiri dapat melalui online melalui website www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui Whatsapp ke 081231885758. Setelah mengisi form pendaftaran, petugas panitia akan menghubungi untuk jadwal verifikasi offline. Pastikan nomor Anda aktif agar dapat dihubungi.

Para calon pemudik diimbau datang ke lokasi verifikasi offline sesuai dengan tempat dan waktu yang tertera di tiket kode booking (QR Code) untuk mendapatkan e-tiket keberangkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper