Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-6 Lebaran, 28.000 Pemudik Berangkat dari Stasiun Gambir dan Senen

Jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api melonjak mendekati puncak mudik Lebaran 2022.
Pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat./Szalma Fatimarahma
Pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat./Szalma Fatimarahma

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 11.400 pemudik diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (26/4/2022). Jumlah tersebut setara dengan 74 persen dari total tempat yang disediakan yaitu sebanyak 15.500 kursi.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 1, Eva Chairunisa mengatakan terdapat 32 Kereta Api Jarak Jauh yang dioperasikan pada hari ini. Dari jumlah tersebut, 8 diantaranya merupakan KA tambahan yang telah disiapkan oleh PT KAI.

Sebanyak 306.600 tiket KA Jarak Jauh dari area DAOP 1 telah terjual untuk keberangkatan Pra Lebaran periode 22 April – 1 Mei 2022, dengan keterisian tempat duduk sebanyak 85 persen dari total tiket yang disediakan yaitu sebesar 361.800.

Sesuai aturan yang berlaku, kapasitas angkut KA Jarak Jauh saat ini adalah sebesar 100 persen. Dengan ditetapkannya peraturan tersebut, Eva terus mengimbau dan mengajak masyarakat untuk selalu patuh dalam menerapkan protokol kesehatan selama melakukan perjalanan menggunakan KA Jarak Jauh.

16.600 di Stasiun Pasar Senen

Sementara itu, Eva Chairunisa menyebutkan bahwa sebanyak 16.600 pemudik diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Selasa (26/4). Jumlah tersebut setara dengan 81 persen dari total tempat duduk yang disediakan oleh PT KAI, yaitu sebesar 20.500.

Melalui siaran pers DAOP 1, Eva menyebutkan bahwa terdapat 28 KA Jarak Jauh yang beroperasi pada hari ini, dimana 2 diantaranya merupakan KA tambahan.

PT KAI telah menetapkan masa angkutan lebaran 2022 pada 22 April – 3 Mei 2022, dengan total jumlah tempat duduk sebanyak 789.500. Pada periode tersebut, dari area DAOP 1, sekitar 61 perjalanan akan dilakukan setiap harinya, dengan rata-rata tempat duduk yang disediakan yaitu sebesar 36.000 per hari.

Eva menyebutkan bahwa tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat yaitu pada 27 April – 1 Mei 2022, dengan kota tujuan akhir Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper