Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh! Video Anies Bagikan Kaos 'Anies Presiden' ke Pemudik, Ini Faktanya

Video dengan narasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan kaos bertuliskan "Anies Baswedan untuk Presiden" ke peserta mudik gratis 2022 beredar di media sosial. Cek Faktanya.
Tangkapan layar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika melepas peserta mudik gratis di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Tangkapan layar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika melepas peserta mudik gratis di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Bisnis.com, JAKARTA - Video dengan narasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan kaos bertuliskan "Anies Baswedan untuk Presiden" ke peserta mudik gratis 2022 yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta beredar di media sosial.

Video tersebut terjadi saat Anies menghadiri program mudik gratis Pemerintah Provinsi ( Pemprov) DKI Jakarta di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur pada Rabu (27/4).

Video tersebut juga diunggah Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sigit Widodo di akun media sosial Twitternya. Bahkan dia mempertanyakan hal tersebut di Twitter pribadinya.

"Sekarang malah beredar video pak @aniesbaswedan membagi-bagikan kaosnya kepada para pemudik dengan menggunakan baju seragam Gubernur. Itu kegiatan Pemprov DKI Jakarta yang menggunakan uang rakyat Rp13,7 miliar dana APBD. Mungkin Pak Anies atau relawannya bisa klarifikasi?" kata Sigit di Twitter, dikutip Kamis (28/4/2022).

Faktanya paket tersebut ternyata merupakan paket kesehatan dari PMI Pemprov DKI Jakarta. Hal tersebut diungkapkan Kepala Markas PMI Provinsi DKI Jakarta Andi Angger Sutawijaya.

Dia bahkan membagikan foto paket kesehatan yang diberikan kepada para pemudik. Paket tersebut berisi masker, tisu basah, dan hand sanitizer. Andi Angger juga meminta permohonan maaf Sigit Widodo terkait tudingannya itu.

"Pak Sigit, paket yang dibagikan itu adalah paket kesehatan dari @PMI_DKI Jakarta @pmijaktim dan @ifrc. Sebagai pengurus PMI DKI Jakarta saya tunggu permintaan maaf bapak secara resmi," katanya di Twitter.

Anies Baswedan sebelumnya mengantarkan 11.000 lebih pemudik yang ikut program mudin gratis di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur pada Rabu, 27 April 2022.

Dalam program mudik tersebut beberapa orang mengenakan kaos bertuliskan "Anies Baswedan untuk Presiden." Tidak diketahui pasti siapa yang membagikan kaos tersebut.

Namun Pemprov DKI melalui Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patrie menegaskan tidak ada unsur politik praktis atau kampanye dalam program mudik gratis tersebut.

Dalam video yang beredar, Anies terlihat membagikan paket bertuliskan "Mudik Aman, Sehat, Selamat" yang di antaranya berisi cairan pembersih tangan, masker dan tisu basah kepada pemudik di dalam bus yang siap berangkat.

Bantahan bahwa Anies membagikan kaos ke para pemudik juga disampaikan Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Tatak Ujiyati. Dia mengatakan para pemudik mengenakan kaos bertuliskan 'Anies Baswedan untuk Presiden' itu atas dasar inisitif mereka sendiri.

"Jangan keliru. Yang dibagikan oleh Anies tsb adalah paket handsanitizer. Kok ada yg pakai kaos Anies presiden? Itu pemudik yang dg inisiatif sendiri pakai kaos tsb. Dia punya hak mau pakai kaos apa, kita tak bisa melarang," ujar Tatak dikutip dari akun Twitternya @tatakujiyati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper