Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungi Korban Kebakaran di Pasar Gembong Saat Lebaran, Anies Baswedan: Revitalisasi Dilakukan Minggu Depan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi lokasi kebakaran di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur.
Kebakaran melanda Pasar Gembrong Lama, Jakarta Pusat, pada Jumat dinihari (8/12/2017)./Antara
Kebakaran melanda Pasar Gembrong Lama, Jakarta Pusat, pada Jumat dinihari (8/12/2017)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi lokasi kebakaran di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Dia terlihat bertemu dan berbincang dengan warga yang terdampak.

"Di hari yang fitri kembali bersilaturahmi dengan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di kawasan Pasar Gembrong. Setelah salat Ashar di Mushala Al-Hikmah, kami melihat tim dapur darurat yang terdiri dari kolaborasi Baznas Bazis, PMI, Dinsos dan relawan lainnya sungguh kompak membantu para korban," kata Anies Baswedan dikutip dari Instagram, Selasa (3/5/2022).

Anies Baswedan juga berjanji akan merevitalisasi kawan tersebut. Dia kemudian mengajak warga sekitar yang terdampak untuk terlibat dalam proses revitalisasi kawasan tersebut pascakebakaran.

"Kami ingin mereka ikut menyuarakan aspirasinya, serta menjelaskan kebutuhan revitalisasi kawasannya, agar bisa tetap optimis menyongsong hari esok," katanya.

Anies Baswedan mengatakan proses revitalisasi kawasan ini akan dimulai minggu depan. Dia pun berharap agar pengerjaan revitalisasi tersebut berjalan lancar dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari Baznas Bazis DKI, Forkompinda, perwakilan warga, dan swasta.

"Revitalisasi ini akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan, memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan warga," katanya.

Anies Baswedan pun berharap warga yang terdampak kebakaran dapat kembali menempati hunian yang lebih baik. Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, lanjut Anies, Pemprov DKI akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat dan asri.

Seperti sanitasinya, pencahayaan , ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya. Hal terhadap bertujuan agar warga yang menempati kawasan yang sudah direvitalisasi memiliki gaya hidup dan kebiasaan baru, khususnya untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi.

"Kemarin kami juga memberikan bantuan berupa makanan cepat saji , yakni sejumlah paket nasi biryani untuk mereka . Walaupun tidak seberapa , Insya Allah dengan ini warga bisa merasakan santapan yang enak untuk Lebaran," pungkas Anies.

Sejumlah kios mainan hingga rumah warga di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur dilahap jago merah pada Minggu, 24 April 2022 sekitar pukul 20.30 WIB. Wasekjen Ikatan Pedagang Pasar Indonesia atau IKAPPI Choirul Furqon mengungkapkan identifikasi awal penyebab kebakaran karena korsleting listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper