Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Ringkus Duo Jambret yang Viral di CFD Sudirman

Polda Metro Jaya (PMJ) meringkus dua orang pelaku yang menjambret ponsel yang tertangkap kamera fotografer saat aktivitas car free day (CFD) di Jalan Sudirman.
Borgol-Ilustrasi/Wire
Borgol-Ilustrasi/Wire

Bisnis.com, JAKARTA -- Polda Metro Jaya (PMJ) meringkus dua orang pelaku yang menjambret ponsel yang tertangkap kamera fotografer saat aktivitas car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi menyampaikan duo penjambret itu berinisial U dan MR. Khusus pelaku MR baru ditangkap pada (1/7/2024) dini hari di Sukabumi.

MR disebut selalu berpindah-pindah tempat dan menyamar untuk melancarkan proses pelariannya. Bahkan, penyamaran terakhir yang dilakukan oleh MR adalah menjadi tukang topeng monyet.

"Tersangka yang terekam di kamera atau viral di medsos itu langsung tertangkap namanya saudara U langsung tertangkap oleh tim PMJ, kemudian tersangka kedua yang dibelakang dibonceng itu tertangkap kemarin Juli dini hari," kata Ade kepada wartawan, Selasa (2/7/2024).

Dia juga menambahkan, kedua orang ini merupakan duo jambret profesional yang berada di Jakarta lantaran telah melancarkan tiga kali aksi pencurian dengan motif ekonomi.

"Nah sindikat ini pelaku pencurian atau jambret daerah Jakarta ini mengaku 3x melakukanya di Kwitang, Tanah Abang yang terakhir di CFD sudirman, barang buktinya yang di TKP terakhir itu sudah diamankan HP," tambahnya 

Adapun, atas perbuatannya, duo jambret ini terancam dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman pidana maksimal sembilan tahun penjara.

Sebagai informasi, aksi penjambretan tertangkap kamera fotografer itu terjadi sekitar 08.00 WIB. Kala itu, korban berinisial IN (14) tengah berolahraga pagi dan berhenti sejenak melihat pesan singkat dari ponselnya.

Kemudian, tiba-tiba dua pelaku penjambret menggunakan motor dari arah kanan belakang langsung mengambil ponsel Vivo berwarna hitam, merek Vivo.

Di samping itu, aksi penjambretan itu viral usai hasil foto milik akun Instagram @asnanfoto diunggah ke media sosial. Nampak, salah satu pelaku mengenakan jaket berwarna hijau sebagai pengendara dan rekannya berbaju merah tanpa memakai helm.

"Jambret berkeliaran di tangah Kota Jakarta. Nekad masuk jalur CFD, walau banyak petugas berjaga. CCTV dimana-dimana, sudah seringkali terjadi. Ayo jaga diri masing-masing demi keamanan bersama," tulis @asnanfoto dalam unggahannya, Senin (17/6/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper