Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyembelihan Hewan Kurban Simbul Kepedulian Sosial

Penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha sebagai simbol dari komitmen untuk meningkatkan kepedulian sosial dan menebar kesejahteraan masyarakat secara luas.
 Ilustrasi/
Ilustrasi/

Bisnis.com, TANGSEL- Penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha sebagai simbol dari komitmen untuk meningkatkan kepedulian sosial dan menebar kesejahteraan masyarakat secara luas.

M. Atho Mudzhar, Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta, mengingatkan kepedulian sosial bukan hanya saat Idul Adha dalam bentuk penyembelihan hewan kurban dan Idul Fitri melalui penyaluran zakat fitrah.

“Kepedulian sosial tidak boleh terbatas pada 2 Hari Raya itu saja, tetapi harus sepanjang tahun,” katanya, Minggu (5/10/2014).

Menurutnya, pada saat sekarang ini ekonomi rakyat Indonesia menghadapi banyak tantangan, akibat meningkatnya jumlah penduduk dan angka pengangguran, maka semangat kebersamaan dan kepedulian sosial sangat dibutuhkan.

Dia menyampaikan hal itu dalam khutbah sholat Idul Adha bertema Empat arti penting ibadah haji dan idul adha di kampus UIN Jakarta, yang dihadiri ratusan jamaah hingga memadati seluruh areal parkir di kampus tersebut.

Atho menjelaskan 4 arti penting pelaksanaan ibadah haji dan Idul Adha adalah Pertama, untuk meneguhkan kembali keyakinan dan keimanan kepada Allah Yang Maha Esa.

Sehingga menyadari kedudukannya sebagai manusia itu sama di hadapan Tuhan, tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah, kecuali karena takwa dan amal kebajikannya.

Kedua, peningkatan rasa persamaan dan persaudaraan atar sesama manusia, dan Ketiga adalah komitmen untuk menebar kesejahteraan dalam masyarakat serta menjadi simbol kepedulian sosial antar sesama.

Selanjutnya, Keempat adalah perayaan Idul Adha terkait dengan memperingati turunnya ayat Al Quran yang terakhir kepada Nabi Muhammad dan Idul Fitri berkaitan dengan peringatan turunnya ayat Al Quran yang pertama yaitu Iqra.

 “Dengan kata lain, perayaan Idul Fitri dan Idul Adha sama-sama terkait dengan Al Quran, yakni membaca, memahami dan mengamalkan Al Quran sepanjang masa,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper