Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspadalah, Calo Bergentayangan di Rusunawa

Berhati-hatilah bila berminat tinggal di rumah susun sewa (rusunawa) di Jakarta. Pasalnya, para calo menanti para calon korbannya.
Juariah (50) warga RT 03/13, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara korban calo rusunawa/Beritajakarta.com
Juariah (50) warga RT 03/13, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara korban calo rusunawa/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA— Berhati-hatilah bila berminat tinggal di rumah susun sewa (rusunawa) di Jakarta. Pasalnya, para calo menanti para calon korbannya.

Seperti yang dialami Juariah,50, warga RT 03/13, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Dia berniat tinggal di Rusunawa Marunda, namun  tertipu calo hingga kehilangan jutaan rupiah.

Bberawal dari kedatangannya bersama seorang rekan ke Rusunawa Marunda untuk mencari unit untuk disewa pada November 201. Sesampainya di sana, dia bertemu dengan seorang kenalan dan ditunjukkan kepada seorang penghuni cluster B blok 11 lantai 5 yang diklaim biasa mengurus kepemilikan unit.

Setelah bertemu, singkat cerita, ia dan rekan dijanjikan oknum berinisial R,35, untuk bisa memiliki unit rusun asalkan menyetor uang sebesar Rp6 juta.

Dia langsung menyetor uang muka sebesar Rp1,5 juta, sisanya dilunasi pada Maret 2015. Kemudian, dia dan suaminya bernama Lisdiantoro diberi sebuah kunci unit rusunawa beserta surat penjanjian sewa (SP) unit rusun di lantai 4 blok 4 cluster A.

Pada Minggu (15/3/2015) malam, dia dan suaminya, serta keempat anaknya datang ke unit dimaksud berniat pindah. Namun, saat datang melapor pada RT/RW setempat malah ditolak. Sebab, ada ketidaksesuaian antara SP yang atas nama Afliana Serawati Mesakih,31, dengan KTP dirinya.

"Saya gak paham bagaimana prosedur mengurus yang seharusnya, maka percaya saja ada yang membantu. Ternyata begitu ada masalah, uang yang dikasih ke orang bersangkutan malah susah diminta lagi," keluh Juariah, Senin (13/4/2015).

Kepala Unit Pengelola Rumah Susun Sederhana Sewa (UPRS) Wilayah 1 DKI Jakarta, Marwiyanti menyayangkan warga yang berniat tinggal di rusun, namun tidak mendaftar ke jalur resmi. Sebab, seperti yang terjadi terhadap Juariah, dirinya tidak dapat berbuat banyak.

"Kalau ada petugas kita, baik Pekerja Harian Lepas (PHL) atau PNS yang terlibat pasti kita tindak. Kita berharap kalau memang ada yang berniat memiliki rusun silakan langsung ke Jatibaru (Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta)," ujarnya.

Diakui Marwiyanti, saat ini prioritas penghuni rusun diberikan pada warga terprogram relokasi. Sedangkan yang sudah mendaftar dan masuk daftar tunggu menempati unit rusunawa hingga kini mencapai 800 pendaftar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Beritajakarta.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper