DJAKARTA TEMPO DOELOE: Asal Usul Nama Ciracas Jakarta Timur

Ciracas adalah satu kawasan yang merupakan kecamatan di Jakarta Timur. Resmi menjadi kecamatan di DKI Jakarta pada 1991.
Nurudin Abdullah | 26 April 2015 20:35 WIB
Salah satu sudut kota Jakarta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ciracas adalah satu wilayah kecamatan di Jakarta Timur, resmi menjadi kecamatan di DKI Jakarta sejak tahun 1991.

Kecamatan Ciracas sebagai pecahan dari Kecamatan Pasar Rebo, yang di dalamnya mencakup 5 kelurahan yakni Kelurahan Cibubur, Kelurahan Kelapa Dua, Kelurahan Ciracas, Kelurahan Susukan, Kelurahan Kampung Rambutan.

Mayoritas penduduk daerah tersebut adalah suku Betawi,  sisanya kaum pendatang dari Sunda, Jawa dan Batak.

Zaenuddin HM, menjelaskan dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,”  -  terdiri dari 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012 - belum ditemukan data sejarah mengenai nama Ciracas.

Tentang kenapa daerah itu diberi nama Ciracas, kemungkinan berasal dari nama sungai kecil di kawasan tersebut pada masa lalu.

Konon, di kalangan masyarakat Ciracas ada cerita rakyat yang pernah terkenal yakni kisah Mak Kopi. Wanita berdaraj yang punya darah China itu menikah dengan pemuda Betawi keturunan Demak.

Saat hamil, wanita tersebut gemar sekali minum kopi dan bahkan menjadi minuman utamanya, sehingga dia dijuluki Mak Kopi.

Bahkan ketika melahirkan anak laki-laki, anaknya pun diberi nama si Kopi. Konon Mak Kopi bisa hidup sampai 150 tahun.

 

Tag : Jakarta, betawi
Editor : Yusran Yunus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top