Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IDUL ADHA: Pemkot Tangsel Sosialisasi Penyembelihan Hewan Kurban

Pemkot Tangerang Selatan menggelar kegiatan sosialisasi mengenai pemotongan hewan qurban yang baik mencakup kaidah, kesehatan hewan dan tata cara penyembelihannya.
Ilustrasi-Hewan Kurban/Antara-Saiful Bahri
Ilustrasi-Hewan Kurban/Antara-Saiful Bahri

Bisnis.com, TANGSEL-- Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar sosialisasi  pemotongan hewan kurban yang baik mencakup kaidah, kesehatan hewan dan tata cara penyembelihannya.

Kegiatan sosialisasi itu melibatkan 280 orang pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Tangsel dengan harapan agar dapat disampaikan kepada para palaksana penyembelihan hewan kurban.  

Dadang Raharja, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tangsel, mengatakan materi sosialisasi tentang bagaimana cara pemotongan hewan kurban yang benar, sehat dan sesuai syarat ajaran agama Islam.

“Para peserta sesialisasi itu juga diajak berkunjung ke Mesjid Az-Zikra Sentul yang merupakan salah satu masjid percontohan dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang sesuai syariah,” katanya Jumat (18/9/2015)

Menurutnya, kegiatan sosialisasi yang berlangsung dua hari itu juga menampilkan dokter hewan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) Supratikno dan Majlis Ulama Indonesia Tangsel Hasan Mustofi.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tangsel, SS Nugraheni, mengatakan terkait pelaksanaan penyembelihan hewan qurban Idul Adha pihaknya juga memberikan bantuan alat pendukung.

Adapun bantuan alat pendukung itu berupa 70 unit pisau dan 10 sepatu boot untuk 10 DKM di 7 kecamatan, serta kepada 280 DKM masing-masing mendapkan talenan, celemek dan penutup kepala, tas plastik, dan banner.

Menurutnya, tahun lalu penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan DKM di wilayah Tangsel mencapai total sapi sebanyak 3.666 ekor, kambing 12.656 ekor, domba 1.382 ekor dan kerbau 16 ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper