Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asyiknya, Penghuni Rusun Gratis Naik Transjakarta

Pemprov DKI Jakarta akhirnya secara resmi mulai menyediakan bus pengumpan alias feeder bus secara gratis bagi warga yang tinggal di beberapa lokasi strategis di wilayah terdalam Ibu Kota, khususnya penghuni rumah susun.
Bus Transjakarta/Antara
Bus Transjakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemprov DKI Jakarta akhirnya secara resmi mulai menyediakan bus pengumpan alias feeder bus secara gratis bagi warga yang tinggal di beberapa lokasi strategis di wilayah terdalam Ibu Kota, khususnya penghuni rumah susun.

Hal ini ditandai dengan peluncuran bus feeder gratis bagi penghuni Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara yang dilalukan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Minggu (17/1/2016).

Mantan Bupati Belitung Timur yang akrab disapa Ahok itu telah merencanakan bahwa seluruh penghuni rusun di Jakarta, akan mendapatkan fasilitas layanan bus Transjakarta secara gratis sehingga mampu meringankan penghuni rusun.

"Jadi orang yang KTP-nya di rusun ya enggak usah bayar, gratis. Biar warga rusun enggak usah mikir transportasi mahal. Nanti uangnya bisa buat modalnya yang lain," tuturnya di Rusun Marunda, Jakarta Utara.

Menurutnya, layanan fasilitas angkutan umum gratis dari Transjakarta tersebut merupakan salah satu wujud realisasi janjinya mengurai permasalahan transportasi, seiring sejumlah proses pemindahan masyarakat berpenghasilan rendah ke rusun.

Ahok mengatakan, ke depan, untuk sementara setidaknya akan ada 10 lokasi rumah susun di Jakarta akan dilintasi feeder bus Transjakarta, sehingga masyarakat dapat menaikinya secara gratis.

Namun demikian, pihaknya mengakui masih membutuhkan proses bertahap untuk merealisasikan semuanya, mengingat saat ini PT Transportasi Jakarta, operator Bus Transjakarta sedang berupaya menambah armada bus dan sopir, sehingga jangkauannya semakin lebih luas.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, bahwa pemberian layanan bus gratis untuk seluruh penghuni rusun dilayani melalui konektivitas bus feeder Transjakarta dengan beberapa persyaratan.

"Rusun Marunda dilayani dengan bus feeder rute Tanjung Priok-Rusun Marunda, mulai beroperasi hari ini, pukul 08.00 WIB -22.00 WIB," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler