Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKSP Jabodetabekponjur: Dana Bantuan dari DKI Untuk Atasi Banjir dan Kemacetan

Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekponjur menyatakan bahwa usulan bantuan dana dari Pemprov DKI Jakarta kepada 9 daerah
Kamacetan/Reuters-Supri
Kamacetan/Reuters-Supri

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekponjur menyatakan bahwa usulan bantuan dana dari Pemprov DKI Jakarta kepada 9 daerah sekitarnya, lebih banyak diprioritaskan untuk mengatasi benjir dan kemacetan.

"Misalnya saat ini banjir mulai menggenai sejumlah titik di daerah penyangga DKI, atau pun kemacetan yang ingin segera di urai, maka bantaun ini fungsinya untuk itu, dan kami memfasilitasi daerah-daerah ini," tutur Ketua BKSP Jabodetabekponjur, Rano Karno, Jumat (26/2/2016).

Menurutnya bantuan tersebut akan sangat membantu daerah sekitarnya, dalam menyelesaikan persoalan infrastruktur maupun yang lainnya, yang juga menyangkut kepentingan Pemprov DKI Jakarta sebagai Ibu Kota negara.

Gubernur Banten tersebut menilai, bahwa bantuan dari DKI tersebut tentu juga akan membantu provinsi tetangga, seperti misalnya Provinsi Banten dalam mengalokasikan anggaran pembangunannya, di sejumlah kabupaten/kota yang masuk wilayahnya.

"Kan kalau ada bantuan dari DKI buat Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, maka kami bisa saja mengurangi alokasi dana untuk ketiga daerah kami ini, dan digunakan untuk yang lainnya, lebih efektif," ujarnya.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pihaknya segera melakukan verifikasi terkait besaran usulan bantuan yang mencapai diatas Rp4 triliun tersebut, agar tidak menjadi kasus hukum dikemudian hari.

Meskipun, menurut mantan Bupati Belitung Timur yang akrab disapa Ahok tersebut pada prinsipnya DKI Jakarta bersedia memberikan bantuan tersebut.

Pasalnya, selama ini Pemprov DKI Jakarta juga selalu membuka kesempatan kepada daerah penyangga untuk mengajukan permintaan dana hibah, mengingat penggunaanya juga berdampak bagi kepentingan DKI Jakarta.

"Kami memang bersedia melakukan perluasan tanggungjawab ke daerah-daerah sekitar, meskipun secara kekuasaan tetap menjadi kewenangan masing-masing daerah," ujarnya.

Pihaknya berharap dengan bantuan tersebut dapat memudahkan penanggulangan permasalahan yang selama ini sering dihadapi DKI Jakarta, namun butuh peran serta daerah penyangga, seperti kemacetan, banjir dan lainnya.

Diketahui, sembilan daerah penyangga Provinsi DKI Jakarta yang termasuk dalam Bodetabekponjur mengajukan usulan bantuan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp4,84 triliun untuk APBD 2017.

Sembilan daerah itu yakni Kabupaten Bogor Rp72.669.712.000, Kota Bogor Rp24.015.280.849, Kota Depok Rp12.550.000.000, Kabupaten Bekasi Rp5.545.766.000, Kota Bekasi Rp103.288.964.000.

Lalu, Kabupaten Cianjur Rp5.000.000.000, Kabupaten Tangerang Rp87.689.365.268, Kota Tangerang Rp2.589.595.640.000, Kota Tangerang Selatan Rp1.942.200.000.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper