MAY DAY: Ini Lokasi Perayaan Hari Buruh di Jakarta

Pihak Polda Metro Jaya menetapkan tiga lokasi perayaan hari buruh internasional (May Day) di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada 1 Mei 2017.
Martin Sihombing | 28 April 2017 19:57 WIB
Buruh melakukan long march menuju Istana Merdeka saat May Day tahun lalu, di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (1/5). - Antara/Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA -  Pihak Polda Metro Jaya menetapkan tiga lokasi perayaan hari buruh internasional (May Day) di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada 1 Mei 2017.

"Akan ada tiga titik kosentrasi massa buruh yang diamankan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metri Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Argo mengatakan Polda Metro Jaya telah menerima pemberitahuan rencana aksi perayaan May Day dari elemen buruh.

Ia mengungkapkan tiga lokasi kumpul massa yakni Dinas Ketenagakerjaan DKI Jakarta, gedung DPRD DKI Jakarta dan Istana Kepresidenan.

Menurut Argo, buruh tidak menyampaikan pemberitahuan aksi jalan kaki namun massa langsung kumpul pada tiga lokasi itu.

Berdasarkan pemberitahuan, jumlah buruh yang akan merayakan hari buruh sedunia itu sekitar 20.000 hingga 30.000 orang.

Selain di Jakarta, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu menyebutkan buruh juga akan menggelar kegiatan sosial di Stadion Bekasi Jawa Barat dan Tangerang Banten.

Argo menyatakan pihaknya belum dapat menyampaikan kekuatan personel yang akan mengamankan kegiatan buruh itu.

Ia mengimbau buruh mengisi kegiatan positif atau berkreasi seperti kumpul keluarga saat May Day karena ditetapkan sebagai hari libur nasional.

"Selama kegiatan aksi unjuk rasa harus mengikuti peraturan dan jangan bertindak anarkis," tegas Argo.

Petugas kepolisian juga akan mengatur arus lalu lintas secara situasional dengan menyiapkan sistem buka-tutup jalur kendaraan pada tiga lokasi kumpul massa.

Sumber : ANTARA

Tag : may day, hari buruh
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top