16 April, Uji Coba Ganjil-Genap di Tol Tangerang-Jakarta

Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan tempat penampungan kendaraan bila uji coba ganjil genap di jalan tol Tangerang-Jakarta diterapkan mulai 16 April 2018.
JIBI | 13 April 2018 09:06 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di ruas tol Jakarta-Tangerang (Janger) di gerbang Tol Tangerang 2, Tangerang, Banten, Kamis (12/4). Pemerintah melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek mulai Senin (16/4) akan melakukan uji coba penerapan Ganjil-Genap di ruas Tol Tangerang menuju Jakarta dari pukul 06.00 sampai 09.00 WIB setiap Senin hingga Jumat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan tempat penampungan kendaraan bila uji coba ganjil genap di jalan tol Tangerang-Jakarta diterapkan mulai 16 April 2018.

"Tempat tempat ini bisa menampung ratusan kendaraan parkir, dan bisa juga sebagai alternatif bagi masyarakat yang akan menggunakan transportasi massal," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Saiful Rohman, Kamis (12/4/2018).

Menurut Saiful masyarakat yang akan menuju Jakarta menggunakan angkutan massa, bisa memarkir kendaraanya di rea parkir Terminal Poris Plawad, Stasiun Tanah Tinggi, Stasiun Tangerang.

"Dari sini mereka bisa langsung menggunakan kereta api Bus Premium dan Transjakarta," ujar Saiful.

Untuk armada bus, kata Saiful, masyarakat bisa menggunakan bus premium Tangerang-ITC Kuningan, Bus Premium Poris Plawad-Jakarta, dan Bus Transjakarta yang melayani berbagai rute ke Jakarta.

"Beberapa jurusan yang ada di Jakarta menggunakan Transjakarta," kata Saiful.

Saiful berharap dengan penerapan ganjil genap di tol Tangerang-Jakarta ini masyarakat beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan umum massal.

Mulai Senin, 16 April 2018, dilakukan uji coba penerapan skema ganjil genap di tol Tangerang-Jakarta. Penerapan ganjil genap akan dilakukan di dua dari lima gerbang tol di Tangerang, yaitu Kunciran 2 dan Tangerang 2.

"Hanya dua gerbang tol yang akan dilakukan pembatasan," kata Saiful. Saat uji coba nanti, kata Saiful, belum akan dilakukan penindakan.

"Sifatnya masih sosialisasi dan pengarahan," ujar Saiful.

Uji coba ganjil genap ini dilakukan setelah berhasil menerapkan ganjil genap di jlan tol Jakarta-Cikampek dari Bekasi ke Jakarta bulan lalu.

Sumber : Tempo

Tag : ganjil genap
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top