Ada Rerumputan di Depan Halte Trotoar Baru Sudirman, Warga Kebingungan

Jika dilihat secara kasat mata, beberapa ruas Jalan Sudirman-M.H. Thamrin sudah sudah selesai dikerjakan dan menghasilkan jalan yang lurus serta mulus. Namun, ada foto unik di salah satu sudut trotoar di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.
Feni Freycinetia Fitriani | 24 Juli 2018 15:26 WIB
Suasana di kawasan Jalan Sudirman Jakarta, Minggu (17/6). - JIBI/Mutiara Nabila

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempercepat penyelesaian pembangunan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-M.H. Thamrin jelang perhelatan Asian Games, yang bakal digelar pada 18 Agustus-2 September 2018.

Jika dilihat secara kasat mata, beberapa ruas sudah sudah selesai dikerjakan dan menghasilkan jalan yang lurus serta mulus. Namun, ada foto unik di salah satu sudut trotoar di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.

Jika biasanya halte bus yang ada di trotoar langsung berada di pinggir jalan, maka kali ini justru ada halte bus di atas trotoar yang dipisahkan dengan jalan oleh sebidang tanah yang ditanami rumput.

Foto penampakan halte tersebut diunggah oleh akun Facebook Humor Politik (@MemeHumorPolitik). Dalam unggahan yang dipublikasikan pada Selasa (24/7/2018), terlihat beberapa warga yang tengah menunggu bus di halte bus yang berada di badan trotoar. 

Terlihat secara jelas hamparan tanah ditanami rumput di depan mereka. Keberadaan rumput tersebut membuat masyarakat harus menginjaknya sebelum naik ke bus.

Akun Humor Politik bahkan membubuhkan caption yang menggelitik:

"Bagaimana cara menaiki bus dari Halte? A. loncat, B. Terbang, C. Injak Rumput, D. Itu bukan halte," tulis akun @MemeHumorPolitik.

Salah satu pengguna setia Transjakarta, Abdul Rozak, mengatakan gagasan revitalisasi trotoar Sudirman-Thamrin sebenarnya sangat bagus dan memudahkan pejalan kaki serta pengguna transportasi umum. Namun, eksekusi di beberapa titik tidak sesuai dengan desain perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan.

"Menurut saya perencanaan enggak matang. Arsiteknya enggak pernah naik bus low deck/entry Transjakarta. Kami kebingunan sendiri pas mau naik bus," katanya kepada Bisnis, Selasa (24/7).

Abdul juga meminta agar Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Bina Marga, membangun jalan setapak di taman mini tersebut agar rumputnya tidak rusak karena diinjak-injak.

"Lebih baik dikasih pijakan berupa conblock. Soalnya sayang rumputnya rusak kalau diinjak orang yang mau naik bus," ungkapnya.

Azizah, pengguna Transjakarta lainnya, juga merasa bingung dengan desain taman yang ada di depan halte Trotoar Jalan Sudirman.

Menurutnya, keberadaan rumput tersebut baik untuk mempercantik tampilan sisi jalan. Namun, menyusahkan para pejalan kaki yang ingin naik bus.

"Kalau ada taman begini sebenarnya bagus, tetapi posisinya enggak pas. Kalau di depan halte kan menyulitkan kami saat mau naik Transjakarta," tutur Azizah.

Tag : pemprov dki jakarta, Asian Games 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top