Bisnis Indonesia Serahkan Kurban, Sapinya Bikin Heboh!

Perayaan Idul Adha seolah tak lepas dari kisah-kisah unik soal pemotongan hewan kurban. Salah satunya terjadi saat sapi Bisnis Indonesia membuat sang jagal justru menjadi ‘korban’.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 22 Agustus 2018  |  20:13 WIB
Bisnis Indonesia Serahkan Kurban, Sapinya Bikin Heboh!
Ilustrasi. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA — Perayaan Idul Adha seolah tak lepas dari kisah-kisah unik soal pemotongan hewan kurban. Salah satunya terjadi saat sapi Bisnis Indonesia membuat sang jagal justru menjadi ‘korban’.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PT Jurnalindo Aksara Grafika (JAG) sebagai perusahaan penerbit harian Bisnis Indonesia, menyerahkan hewan kurban ke Masjid Jami' Nurul Huda di Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Hewan kurban yang diberikan perusahaan dalam perayaan Idul Adha 1439 Hijriah atau 2018 Masehi kali ini adalah 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Sapi atas nama PT Jurnalindo Aksara Grafika tersebut merupakan jenis sapi Bali dengan bobot sekitar 365 kilogram.

Adapun, satu ekor kambing merupakan kurban atas nama Presiden Komisaris Jurnalindo Aksara Grafika Dr. Ir. Hariyadi B.S. Sukamdani, M.M.

Ketua Panitia Kurban Masjid Jami' Nurul Huda Tommy Syahrul Bayumi menyampaikan, harian Bisnis Indonesia melalui PT Jurnalindo Aksara Grafika memang rutin memberikan hewan kurban dan berbagai bantuan lainnya kepada masjid tersebut.

Rencananya, daging hewan kurban tersebut akan diserahkan kepada sekitar 60 petugas kebersihan, keamaan, dan karyawan JAG, jamaah Masjid Jami' Nurul Huda, serta warga sekitar Karet Tengsin. 

"Alhamdulillah, tahun ini kami mendapatkan kembali hewan-hewan kurban dari Bisnis Indonesia. Semoga menjadi kurban yang berkah," tuturnya di sela acara pemotongan hewan kurban pada Rabu (22/8/2018).

Pemotongan hewan kurban dilakukan pukul 9.00 WIB. Tampak warga sudah memadati area luar masjid untuk membantu rekayasa jalan, membantu panitia, ataupun sekadar menonton. Setelah itu, pembagian hewan dilaksanakan selepas Dquhur, dan rampung pada pukul 16.00 WIB.

Secara total Masjid Jami’ Nurul Huda melaksanakan pemotongan 15 kambing dan 5 sapi. Daging kurban itu kepada sekitar 500 orang. 

Menurut Tommy, ibadah berkurban dalam Idul Adha mengajarkan banyak hal kebaikan terutama berbagi dengan sesama manusia. "Jadi kita bersama-sama merasakan nikmatnya memakan daging, berbagi dengan saudara-saudara yang kurang mampu," ujarnya.

Di dalam keriuhan acara pemotongan, sapi Bali dari JAG seolah menjadi bintang utama. Sejak diangkut dari area kantor Wisma Bisnis Indonesia menuju masjid, sejumlah warga terutama anak-anak ikut mengiringi.

Mereka tampak penasaran dengan hewan yang bertubuh gempal dan berwarna cokelat mengilap ini. Sang sapi kemudian mengamuk sehingga warga yang menonton berhamburan menjauh. Untung panitia sigap memegang tali kekang.

Cerita unik berlanjut sampai saat sapi berbobot 365 kg itu akan dipotong. Saat sudah dibaringkan, hewan gempal ini kembali bangkit, dan menyenggol tukang potong. Sejurus kemudian, tukang potong malah terdorong hingga tercebur setengah badan ke selokan.

Kejadian ini sontak membuat panitia dan warga sekitar tertawa. Namun, kali ini panitia bersikap lebih waspada dan sigap, agar pemotongan hewan berjalan lancar. 

Salah satu panitia kurban, Robby, menyebutkan sapi dari JAG sebagai hewan paling heboh di antara yang lain. “Pas mau di ambil dari halaman kantor JAG ke masjid sempat ngamuk dua kali. Terus pas mau dipotong juga bangun lagi, malah bikin tukang jagalnya jatuh,” tuturnya seraya tertawa.

Namun demikian, dia bersyukur perusahaan rutin memberikan hewan kurban setiap tahun. Seperti dalam perayaan Idul Adha kali ini, hewan dari JAG baik sapi mapun kambing merupakan salah satu yang berukuran besar. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hewan kurban

Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top