Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Tema Bendera Palestina di JPO, Anies: Bentuk Dukungan Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan alasan memerintahkan menyalakan warna lampu bertema bendera Palestina di sejumlah fasilitas publik.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 22 Mei 2021  |  12:56 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - Dok. Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. - Dok. Pemprov DKI

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah foto jembatan penyebaran orang (JPO) di Jakarta dengan warna lampu bertemakan bendera Palestina di akun Twitter pribadinya pada Sabtu (22/5/2021).

Anies mengungkapkan bahwa warna lampu bertema Palestina ini telah menyala di berbagai fasilitas publik Jakarta sejak beberapa hari yang lalu.

"Warna bendera Palestina menyala di berbagai fasilitas publik Jakarta sejak Sabtu lalu. Ini merupakan bentuk dukungan dari warga Jakarta, solidaritas kemanusiaan untuk saudara-saudara kita rakyat Palestina di Jalur Gaza," cuit Anies melalui akun Twitter-nya @aniesbaswedan.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya memerintahkan Dinas Bina Marga untuk mengatur lampu Jembatan Penyebrangan Orang atau JPO bewarna tema bendera Palestina.

Saat ini, total ada 10 JPO yang telah diatur dengan warna tema Bendera Palestina.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menuturkan langkah itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Ibu Kota ihwal permasalahan yang tengah dihadapi oleh bangsa Palestina.

“Arahan dari Pak Gubernur. Jadi saya diintruksikan Pak Gubernur untuk mengatur warna Bendera Palestina,” kata Hari melalui pesan tertulis, Rabu (19/5/2021).

Menurut Hari lampu tematik itu memang telah disiapkan sedari awal proyek pembangunan JPO. Dengan demikian, Dinas Bina Marga tinggal mengatur penggunaan warna dari teknologi lampu yang telah dipasangkan tersebut.

“Itu memang lampu sudah kita pasang dan siapkan pada saat JPO dibangun, jadi kalau ada acara penting bisa disetting macam-macam,” kata dia.

Sebelumnya, Anies Baswedan mendorong Pemerintah Indonesia untuk memperjuangkan Kemerdekaan Palestina setelah pecah kembali perang antara  militer Israel dan pasukan Hamas di Jalur Gaza sejak Senin (10/5/2021).

Menurut Anies, dorongan itu sudah ditanamkan oleh Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno pada pidatonya pada tahun 1962. Saat itu, Indonesia berkomitmen untuk memperjuangkan Kemerdekaan Palestina dari jajahan Israel.

“Seperti pesan Bung Karno 1962, selama Kemerdekaan belum diserahkan kepada Bangsa Palestina, maka perjuangan Indonesia untuk menentang penjajahan di Tanah Palestina harus terus dilakukan,” kata Anies saat disambangi Bisnis di kediamannya, Kawasan Lebak bulus, Jakarta Selatan, Kamis (13/5/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta palestina Anies Baswedan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top