Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Depan, Jokowi Rintis Rusun Pakai Panel Surya

Bisnis.com, JAKARTA--Mulai tahun depan, pembangunan rumah susun di ibu kota akan menggunakan konsep ramah lingkungan. Salah satunya, dengan dilengkapi solar panel atau panel surya sebagai sumber tenaga listrik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan

Bisnis.com, JAKARTA--Mulai tahun depan, pembangunan rumah susun di ibu kota akan menggunakan konsep ramah lingkungan.

Salah satunya, dengan dilengkapi solar panel atau panel surya sebagai sumber tenaga listrik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan konsep rumah ramah lingkungan akan diterapkan dalam pembangunan rumah susun mulai tahun depan.

"Saya berpikiran untuk rusun, mulai tahun depan harus dikonsep ramah lingkungan. Seperti ini, semuanya pakai solar panel," ujar Jokowi

Dia mengatakan hal itu saat berkunjung ke pabrik salah satu perusahaan elektronik terkemuka di Jl Raya Bogor, Jakarta Timur, seperti dikutip situs Pemprov DKI Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Menurut dia, konsep rumah ramah lingkungan ini, semua aliran listriknya akan menggunakan solar panel.

"Yang paling bagus rumah masa depan ini. Semua pakai solar panel dari kulkas, televisi, lampu, itupun lampunya yang efisien hemat energi semuanya," katanya.

Jokowi mengakui, investasi untuk pembuatan solar panel memang cukup besar sehingga pihaknya harus menambah anggaran untuk pembanguannya.

Meski begitu, konsep ini kedepannya akan lebih banyak berhemat.

"Mungkin di awal harus menambah anggaran untuk solar panelnya. Tapi nanti panjangnya saya kira itu mengehemat banyak," katanya.

CEO PT Panasonic Gobel Indonesia, Rahmat Gobel menambahkan, rumah masa depan merupakan salah satu program dalam rangka mengurangi NCO2 sebesar 25% pada 2020.

Karena itu pihaknya menciptakan rumah masa depan yang ramah lingkungan menggunakan tenaga solar panel.

Rumah masa depan itu merupakan rumah tuntutan dunia. Hampir semua energi yang dipakai menggunakan tenaga solar matahari.

"Kalau pemerintah mengundang kami untuk bisa mendukung program, kami sangat senang sekali," kata Rahmat. (ra)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper