Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liburan Naik Kereta, Inilah Kicauan Penumpang untuk KAI

Respon penumpang terhadap pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2014 nampak positif. Apresiasi yang disampaikan ke akun twitter resmi KAI @keretaapikita tak cuma soal kenyamanan tapi juga fasilitas, seperti colokan listrik dan wifi.

Bisnis.com, JAKARTA - Respon penumpang terhadap pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2014 semakin lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Apresiasi yang disampaikan ke akun twitter resmi KAI @keretaapikita tak cuma soal kenyamanan, tetapi juga fasilitas, seperti colokan listrik dan wifi.

Berikut kicauan beberapa penumpang sembari posting foto melalui twitter masing-masing :

Via akun twitter @isaaaaaaal_ : “Asyik koneksi [internet] di stasiun cepet banget, nunggu kereta nyaman banget nih”.

Via akun twitter @gilangair : “Kereta ekonomi sekarang jauh lebih bagus dan nyaman, di [kereta] MalioboroExpress”.

Via akun twitter @EnnyRahmita : “Baru ngeh kalau di kereta ekonomi Rangkas ada colokan listrik di setiap tempat duduknya. Keren juga!”.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan sedikitnya ada 8 rute gemuk selama libur Natal dan Tahun Baru 2014. Konsentrasi penumpang itu utamanya terjadi pada rute dari Jakarta menuju Cirebon, Purwokerto, Kutoarjo, Solo, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, dan Malang.

“Kebanyakan ke arah timur Jawa sana. Secara umum, terjadi lonjakan penumpang pada akhir tahun ini sekitar 2% dibandingkan akhir tahun 2012,” tutur Kepala Humas Daops I KAI Sukendar Mulya kepada Bisnis, Rabu (25/12/2013).

Di sisi lain, seperti lazimnya masa liburan yang menjadi peak season di berbagai lini moda transportasi massal jarak jauh, kereta api turut menetapkan harga tiket batas atas. Tentunya ini hanya diberlakukan untuk kereta regular/komersil, bukan kereta kelas ekonomi.

Misalnya untuk rute Jakarta – Bandung, harga tiket batas bawah di hari biasa sekitar Rp70.000. Tapi selama 20 Desember 2013 – 5 Januari 2014 dibanderol kisaran Rp90.000 hingga Rp100.000-an.

Setelah periode liburan usai, imbuh Sukendar, harga akan kembali seperti semula. Hari Senin – Kamis menggunakan batas bawah tapi Jumat – Minggu tetap di batas atas. Sementara itu, tarif kereta ekonomi tak berubah, tetap di kisaran Rp55.000.

“Tarif kereta ekonomi ditentukan pemerintah [operasioanl armada ini] menggunakan subsidi. Sedangkan tarif kereta komersil yang pakai batas atas secara bisnis dan ekonomi KAI memang diperbolehkan,” ucapnya.

PT KAI menetapkan periode libur akhir tahun berlangsung selama 16 hari mulai 20 Desember 2013 – 5 Januari 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper