Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisman Menurun, DKI Gencarkan Promosi ke Luar Negeri

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Jakarta pada Januari 2014 tercapai 193.017 kunjungan, turun 0,76% dibandingkan dengan bulan sebelumnya 194.499 kunjungan. Namun, bila dibandingkan dengan Januari 2013 sebanyak 167.400, jumlah kunjungan wisman itu meningkat 15,31%.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kunjungan wisatawan mancanegara ke Jakarta pada Januari 2014 tercapai 193.017 kunjungan, turun 0,76% dibandingkan dengan bulan sebelumnya 194.499 kunjungan. Namun, bila dibandingkan dengan Januari 2013 sebanyak 167.400, jumlah kunjungan wisman itu meningkat 15,31%.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman mengatakan penurunan kunjungan wisman pada Januari  memang biasa terjadi setiap tahunnya, tetapi jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya naik.

"Januari memang fluktuatif karena ada penurunan. Tapi kalau setahun penuh ada peningkatan kunjungan," katanya di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Pemprov melakukan perbaikan infrastruktur wisata dan menggenjot promosi baik dalam negeri dan luar negeri. Bus wisata tingkat jadi modal promosi Jakarta kepada wisman, khususnya pasar Asia. 

"Bus wisata walaupun tidak secara langsung jadi daya tarik karena diposisikan pelayanan publik bagi turis," katanya. 

Promosi di dalam negeri dilakukan melalui berbagai format yakni partisipasi pameran pariwisata dan menyelenggarakan promo sendiri dalam bentuk paket wisata.

Promosi dalam negeri di kota besar provinsi utama meliputi Surabaya, Semarang, Medan, Balikpapan, Semarang, dan Manado. Sementara itu, fokus promosi di luar negeri memperkuat pasar Asean, terutama Malaysia dan Singapura, Asia Timur di China, Korea Selatan, Taiwan, dan Jepang. "Timur Tengah juga menjadi pasar utama kita," jelas Arie.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper