Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasokan Komoditas Terkendali, Inflasi DKI Jakarta Rendah

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mencatat laju inflasi DKI pada April 2014 sebesar 0,04% atau lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya 0,19%.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat laju inflasi Ibu Kota pada April 2014 sebesar 0,04% atau lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya 0,19%.

Rendahnya inflasi ini disebabkan daerah lain sudah memasuki musim panen sehingga pasokan bahan pangan ke Jakarta lebih terkendali. Adapun pesta demokrasi Pemilu Legislatif yang berlangsung pada 9 April lalu tidak berpengaruh terhadap kenaikan harga.

"Pileg tidak ada pengaruh terhadap inflasi DKI Jakarta. Rendahnya inflasi karena April sudah memasuki musim panen jadi komoditas bahan pangan, suplainya sudah bagus," ujar Kepala Bidang Statistik Distribusi Dody Rudyanto, Jumat (2/5/2015).

Selain itu, didukung jalur distribusi kawasan Pantai Utara yang pada awal tahun lalu rusak akibat banjir sudah berangsur membaik. Dengan demikian, kelompok bahan yang sebelumnya jadi faktor pendorong inflasi tidak berpengaruh banyak.

Dody menjelaskan penyumbang inflasi terbesar justru dari kelompok kesehatan 0,63% disusul kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,57%, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,39%, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,26% dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan 0,2%.

Dua kelompok lain hanya mengalami penurunan indeks atau deflasi yakni kelompok bahan makanan -0,95% dan kelompok sandang -0,72%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper