Mulai 2015, Sekolah di Kota Bekasi Wajibkan Penggunaan Seragam Batik

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menegasakan akan menerapkan penggunaan batik daerah sebagai seragam sekolah pada 2015.
Oktaviano DB Hana | 08 Agustus 2014 15:54 WIB
Bisnis.com, BEKASI - Dinas Pendidikan Kota Bekasi menegasakan akan menerapkan penggunaan batik daerah sebagai seragam sekolah pada 2015.
 
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi, mengatakan program tersebut telah diwacanakan sejak beberapa waktu lalu.

Namun, jelasnya, hingga kini belum terealisasikan mengingat kesiapan sekolah dalam menjalankan program ini.

"Saya yakin batik daerah ini akan berjalan dengan sukses," katanya seperti dikutip dari laman Pemkot Bekasi, Jumat (8/8/2014).

Ali menuturkan penggunaan batik daerah asli Kota Bekasi sebagai salah satu pakaian wajib di sekolah menjadi bentuk pembelajaran dan pembentukan karakter bagi siswa di sekolah.

"Karena dari batik yang mereka kenakan nantinya akan diberikan pengetahuan mengenai asal usul batik Kota Bekasi tersebut dibuat."

Menurutnya, proses sosialisasi kebijakan tersebut telah dilakukan Disdik Kota Bekasi sejak 2014  ke semua sekolah.

Penggunaan seragam batik itu, sambungnya, akan dibedakan berdasarkan sekolah dan tingkat pendidikam melalui logo khusus di lengan siswa.

"Akan ada logo khusus yang membedakan mereka siswa dari sekolah mana," katanya.

Untuk menjalankan program tersebut, Ali menambahkan Disdik Kota Bekasi akan bekerjasama dengan Komunitas Batik Kota Bekasi, sehingga mereka bisa memberikan masukan mengenai jenis-jenis batik asli Kota Bekasi.
Tag : kota bekasi, batik indonesia
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top