Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA BANJIR 2015: Demi Keamanan, 566 Gardu Listrik Dipadamkan

Hujan deras yang mengguyur kota Jakarta dari Minggu (8/2/2015) malam hingga Selasa (10/2/2015) pagi membuat PT Perusahaan Listrik Negara memadamkan sejumlah gardu distribusi.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-- Hujan deras yang mengguyur kota Jakarta dari Minggu  (8/2/2015) malam hingga Selasa (10/2/2015) pagi membuat PT Perusahaan Listrik Negara memadamkan sejumlah gardu distribusi.

SIMAK: JAKARTA BANJIR 2015: Ini Titik-titik Lokasi Banjir di Jakarta (10/2/2015)

Mambang Hertadi, Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap dampak yang disebabkan oleh banjir, termasuk bahaya listrik.

Dia menjelaskan air merupakan salah satu konduktor listrik, sehingga genangan air yang tersentuh aliran listrik berpotensi membahayakan keselamatan manusia. Selain itu, potensi hubung singkat listrik atau korsleting listrik juga sangat besar dalam kondisi banjir. Untuk itu, lanjutnya, PLN akan berupaya keras mengamankan masyarakat dari bahaya listrik saat banjir dengan memutus aliran listrik dari gardu distribusi.

Saat ini keselamatan masayrakat adalah prioritas utama bagi PLN, sehingga perusahaan berharap kondisi tersebut bisa dimengerti okeh nasyarakat karrna pemadaman bertujuan untuj keselamatan dan keamanan  agar terhindar dari bahaya listrik.

"Hingga Selasa (10/2) pukul 09.00 WIB, jumlah gardu distribusi yang dipadamkan berjumlah 566 buah dengan sebaran meliputi Area Marunda, Cikupa, Kebon Jeruk, Bandengan, Cengkareng, Teluk Naga, Tanjung Priok, Menteng, Cikokol, Jatinegara dan Cempaka Putih," ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (10/2/2015).

Dia juga mengimbau agar masyarakat melakukan langkah antisipasi agar terhindar dari bahaya listrik selama banjir. Langkah itu sebagai berikut:
1.    Posisikan Mini Circuit Breaker MCB ke dalam posisi off
2.    Cabut semua peralatan elektronik dari kotak kontak/stop kontak dan pindahkan ke tempat yang aman dari genangan
3.    Pastikan pompa air tidak dinyalakan apabila sudah tergenang air dan cabut kabelnya dari kotak kontak.

Hertadi menjelaskan listrik akan kembali dialirkan jika rumah warga dan lingkungannya sudah dalam keadaan kering serta instalasi di rumah sudah siap untuk dialiri listrik. Selain itu, PLN juga akan melakukan pengecekan terhadap gardu dan memastikan siap untuk mendistribusikan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper