Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2.600 BURUH DI BOGOR KENA PHK: Disnakertrans Didesak Verifikasi

Kalangan buruh menggugat Pemkab Bogor yang menyatakan sekitar 2.600 pekerja di lima perusahaan berlokasi di daerah itu diberhentikan akibat tidak mampu membayar upah.

Bisnis.com, BOGOR--Kalangan buruh menggugat Pemkab Bogor yang menyatakan sekitar 2.600 pekerja di lima perusahaan berlokasi di daerah itu diberhentikan akibat tidak mampu membayar upah.

"Saya tidak yakin apakah benar jumlah buruh yang di-PHK sebanyak itu. Coba Disnakertrans Kabupaten Bogor verifikasi yang benar data tersebut," ujar Iwan Kusmawan, Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) yang juga bermukim di Kabupaten Bogor kepada Bisnis.com melalui sambungan telepon, Senin petang (23/3/2015).

Sebelumnya, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans Kabupaten Bogor mengungkapkan lima perusahaan gulung tikar kibat tidak mampu membayar upah minimum kabupaten/kota (UMK).

Kelima perusahaan tersebut antara lain PT Jalon, PT Eurogate, PT Dianing Sari, PT Harmoni Indah dan PT Samudera Biru. Adapun PT Samudera Biru merelokasi ke Wonogiri, Jawa Tengah.

Menurut Iwan, dampak penetapan UMK di Kabupaten Bogor dinilai tidak terlalu signifikan dengan memutus hubungan kerja (PHK) karyawannya. Iwan menilai ada motif lain dibalik pernyataan Disnakertrans tersebut.

Dia menambahkan Disnakertrans jangan memihak terhadap pengusaha. Pasalnya, dengan memberikan pernyataan tersebut, seolah-olah pemerintah mengakui bahwa UMK di Kabupaten Bogor terlalu memberatkan pengusaha.

"Atau jangan-jangan Kepala Disnakertrans ini merupakan pengusaha. Makanya kalau bisa pemerintah jangan memihak," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler