Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangsel Satu-satunya Kota Dengan Rumah Sakit Lebih Banyak dari Puskesmas

Dinas Kesehatan Provinsi Banten menyatakan akibat tidak meratanya pembangunan rumah sakit di Provinsi Banten mengakibatkan Kota Tangerang Selatan merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang jumlah rumah sakitnya lebih banyak dari Puskesmas.
Ilustrasi rumah sakit/bisnis.com
Ilustrasi rumah sakit/bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG—Dinas Kesehatan Provinsi Banten menyatakan akibat tidak meratanya pembangunan rumah sakit di Provinsi Banten mengakibatkan Kota Tangerang Selatan merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang jumlah rumah sakitnya lebih banyak dari Puskesmas.

“Jumlah rumah sakit di Tangsel ada 27 unit, adapun Puskesmas 25 unit. Saya yakin satu-satunya kabupaten/kota di Indonesia yang jumlah rumah sakitnya lebih banyak dari Puskesmas hanya Tangsel,” ujar Sigit Wardojo, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten di Tangerang, Selasa (24/3/2015).

Dia mengatakan, akibat tidak meratanya pembangunan unit rumah sakit di sejumlah daerah, mengakibatkan Kabupaten Pandeglang, Lebak dan Serang membutuhkan ribuan tempat tidur perawatan.

Secara keseluruhan Provinsi Banten kini memiliki 93 unit rumah sakit, namun, persebaran pembangunan yang tidak merata mengakibatkan daerah-daerah tersebut sangat membutuhkan lembaga pelayanan kesehatan ini.

Sebagai contoh, berdasarkan persebaran rumah sakit, Kabupaten Tangerang memiliki 21 unit rumah sakit, Kota Tangerang Selatan 27 unit, sementara Kabupaten Pandeglang hanya memiliki satu unit, Lebak tiga unit, dan Serang hanya lima unit.

Berdasarkan analisa awal, ujarnya, investor bidang kesehatan enggan membangun rumah sakit di daerah yang sangat membutuhkan keberadaannya, karena takut pasien di daerah itu tidak mampu melakukan pembayaran perawatan kesehatan.

Akibatnya, rasio ketersediaan tempat tidur perawatan di sejumlah daerah tersebut sangat jauh dari kata ideal. Selain itu, penggunaan tempat tidur perawatan yang ada telah melampaui dari kapasitas seharusnya. []


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper