SEJARAH JAKARTA: Pengadegan Jaksel, Dulu Perkampungan Wong Purbalingga

Pengadegan merupakan sebuah kawasan kelurahan di Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, berbatasan dengan Kelurahan Cikoko, Kelurahan Pancoran, Kelurahan Cawang , dan Kelurahan Rawajati.
Nurudin Abdullah | 02 April 2015 16:04 WIB
Peta Pengadegan - jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA-Pengadegan merupakan kawasan kelurahan di Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Kawasan itu berbatasan dengan Kelurahan Cikoko di sebelah utara, Kelurahan Pancoran di barat, Kelurahan Cawang Jakarta Timur di sebelah timur dan Kelurahan Rawajati di selatan.

Zaenuddin HM, menjelaskan tentang nama Pengadegan di dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Disebutkan bahwa konon nama Pengadegan berasal dari keberadaan orang-orang Pengadegan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Di zaman penjajahan Belanda, memang banyak orang Jawa yang tinggal di kota Batavia, termasuk kemungkinan dari Pengadegan, Purbalingga itu.

Mereka bekerja sambil berperang untuk jangaka waktu yang lama hingga tidak tertutup kemungkinan menikah, punya anak dan keturunan di sana.

Oleh karena adanya komunitas mereka di daerah itu, maka lama-lama menjadi sebutan untuk kawasan tersebut.

Kurang lebih sama dengan beberapa tempat lain seperti nama Kuningan, Jakarta Selatan dan Sukapura, Jakarta Utara, yang namanya berasal dari etnis pendatang. Demikianlah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jakarta, batavia, belanda

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top