Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nama Wakil Wali Kota Bekasi Dicatut di Facebook

Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu meminta masyarakat untuk tidak mempercayai akun di Facebook yang mencatut namanya untuk tujuan mencari keuntungan.
Ilustrasi/thechoiceperspective
Ilustrasi/thechoiceperspective

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu meminta masyarakat untuk tidak mempercayai akun di Facebook yang mencatut namanya untuk tujuan mencari keuntungan.

Dia mengaku namanya dicatut untuk aksi penipuan. "Itu akun palsu," kata Syaikhu.

Menurut dia, akun itu secara terang-terangan meminta pulsa kepada sejumlah pengguna facebook, yang mayoritas dia kenal. Modus yang dipakai untuk menipu, meminta pulsa sebesar Rp 100 ribu. "Seolah-olah saya sedang rapat, kemudian kehabisan pulsa," ujarnya.

Padahal, Syaikhu mengaku selama ini tak menggunakan pulsa prabayar melainkan pasca bayar. Karena itu, ia meminta sejumlah pengguna Facebook agar hati-hati. Ia memastikan, tak pernah meminta-minta di situs jejaring sosial. "Nama saya dicatut untuk penipuan di Facebook".

Modus yang dipakai akun palsu itu yakni awalnya Syaikhu mengucapkan salam dan keberadaan kepada calon korbannya. Setelah itu, meminta tolong diisikan pulsa karena sibuk sedang rapat.

Seorang calon korban, Zezen mengaku sudah curiga dengan akun itu. Ketika ia diminta, Zezen menanggapinya dengan santai. Malah menawarkan pulsa sebesar Rp 1 juta. "Minta seratus ribu dikasih Rp 1 juta enggak mau, halamannya langsung dihapus," kata Zezen.

Juru Bicara Kepolisian Resor Kota Bekasi Kota, Siswo mengimbau bagi siapapun yang merasa menjadi korban kejahatan agar melapor kepada pihak yang berwajib. "Sehingga, kami bisa langsung melakukan penyelidikan untuk mengungkapnya," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper