Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Ribu Ton Sampah di Bogor Jadi Sumber Listrik

General Manager Runh Power Corp, Mei Ping An, mengungkapkan telah menandatangani kesepakatan dengan BUMD Kabupaten Bogor, PT Prayoga Pertambangan dan Energi untuk membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS).
Truk sampah/Antara
Truk sampah/Antara

Bisnis.com, BOGOR-- General Manager Runh Power Corp, Mei Ping An, mengungkapkan telah menandatangani kesepakatan dengan BUMD Kabupaten Bogor, PT Prayoga Pertambangan dan Energi untuk membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS).

Mei mengatakan, perusahaannya yang bergerak di bidang energi asal China itu akan menjadikan PLTS di Bogor sebagai teknologi terbarukan pertama di Kabupaten Bogor dan terbesar di Indonesia.

"Sekitar 2.000 ton sampah per harinya yang bertumpuk di Kabupaten Bogor akan diolah menjadi tenaga listrik yang mampu menerangi sedikitnya 800 rumah per harinya," ujarnya di sela penandatanganan MoU di Pendopo Kabupaten Bogor, Kamis (10/9/2015).

Dia berharap, ke depan tidak lagi ada sampah yang bertumpuk di Kabupaten Bogor. Pihaknya berharap dengan adanya kerja sama bisnis tersebut bisa mendukung mewujudkan cita-cita Pemkab Bogor pada 2018 semua wilayah teraliri listrik.

Bahaya

Dia mengatakan jika sampah tidak ditangani dengan serius, bisa menjadi gunung sampah yang berbahaya bagi kesehatan. Saat ini pihaknya telah berhasil menyulap gunungan sampah menjadi energi listrik yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di Cina.

"Kami juga telah menjadi pemimpin inovasi terbarukan pembangkit listrik tenaga sampah," ujarnya.

Dalam kerja sama antara PT PPE dan Runh Power Corp tersebut diperkirakan akan menghabiskan investasi sekitar Rp1,4 triliun. Kedua perusahaan itu berencana membangun PLTS dengan daya 40 megawatt.

Direktur PT PPE, Radjab Tampubolon, mengatakan Pemkab Bogor nantinya akan membeli sampah ke Depok dan Bogor Kota untuk bahan PLTS tersebut.

"Lokasi sementara PLTS berada di Galuga. Setelah penandatanganan MoU ini kami akan lakukan dulu analisa detail engineering design, analaisa dampak lingungan dan lainnya," kata dia.

Dia berharap pembangunan PLTS Kabupaten Bogor bisa dilakukan pada tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper