Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Krisis Air, Pemprov DKI Manfaatkan Waduk

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama pemerintah pusat, Pemprov Jawa Barat dan Banten bekerjasama untuk mengatasi krisis air dengan memanfaatkan waduk, situ, embung dan danau.
Ilustrasi/ikipedia
Ilustrasi/ikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama pemerintah pusat, Pemprov Jawa Barat dan Banten bekerjasama untuk mengatasi krisis air dengan memanfaatkan waduk, situ, embung dan danau.

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendarwan mengatakan rencana tersebut bersinergi dengan Gerakan Nasional Kepedulian Mitra Air (GNKMA). Di Ibukota sendiri tercatat ada 105 waduk, embung, situ, dan danau yang pemanfaatan airnya belum dilakukan secara maksimal.

"Diharapkan dengan pemanfaatan dari hulu hingga hilir ini, aset danau, situ, embung, termasuk daerah aliran sungai bisa memberikan kontribusi agar tidak terjadi krisis air," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/9).

Teguh menjelaskan, pengolahan air dari waduk, situ, embung dan danau ini rencananya dimulai tahun ini. Sebagai tahap awal, setiap wilayah minimal ada satu lokasi waduk, situ, embung dan danau yang diolah.

"Jadi bagaimana dari pengolahan ini saat musim kemarau ada airnya. Ketika hujan air bisa tertampung. Tidak lagi terjadi krisis air," ucapnya.

Ia menambahkan saat ini masih mencari lokasi yang cocok untuk pengolahan air. Termasuk memeriksa kualitas air di masing-masing lokasi waduk, situ, embung dan danau. Sementara teknologi dan pengelolaannya akan diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Tahun ini akan kami mulai. Sarana dan prasarananya sudah ada, teknologinya dari kementerian," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper