Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangsel Intensifkan Kerja Sama Antar Daerah

Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus meningkatkan kerja sama antar daerah di sejumlah sektor prioritas antara lain pengelolaan sampah, pengadaan air bersih, dan ketahanan pangan.
Wali kota Tangerang Arief Wismansyah1/tangerangkota.go.id
Wali kota Tangerang Arief Wismansyah1/tangerangkota.go.id

Bisnis.com, TANGERANG — Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus meningkatkan kerja sama antar daerah di sejumlah sektor prioritas antara lain pengelolaan sampah, pengadaan air bersih, dan ketahanan pangan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tangsel Teddy Meiyadi mengatakan pemkot sudah mengagendakan kerja sama dengan Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Lebak.

“Untuk Kabupaten Lebak, kami berencana kerja sama di sektor pengelolaan sampah dan air bersih yakni Waduk Karian, sedangkan Kabupaten Tangerang di sektor air bersih [PDAM],” ucapnya, Rabu (26/10/2016).

Hingga saat ini, sebagian masyarakat di Tangsel masih mengandalkan pasokan air bersih dari PDAM Tirta Kerta Raharja di Kabupaten Tangerang, sedangkan sebagian lainnya menggunakan air tanah.

Oleh karena itu, pemkot berencana untuk membentuk PDAM Tangsel yang nantinya dikeola BUMD yakni PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) bersama dengan pihak swasta.

“Saat ini, kajian sedang dilakukan apakah sumber air bersih diambil dari sumber gunung, Waduk Karian, atau sungai-sungai lain yang berada di wilayah Tangsel,” tegasnya.

Dalam hal ini, pemkot akan menyiapkan lahan sebagai lokasi pembangunan PDAM, sedangkan Kementerian PUPR akan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pembentukan PDAM Tangsel tersebut.

Terkait soal pengelolaan sampah, Tangsel berencana bekerja sama dengan sejumlah kota/kabupaten untuk membentuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional.

Menurutnya, persoalan perkotaan misalnya banjir, sampah, kemacetan, dan infrastruktur di Tangerang Raya sudah dalam tahap mendesak dan membutuhkan solusi jangka pendek. Tak hanya itu, wilayah di Tangerang Raya ini saling berhimpitan sehingga membutuhkan kerja sama antar wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper