Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Proyek Depok Senilai Rp30 Miliar Didanai Pemprov DKI

Pemkot Depok segera melaksanakan tiga proyek yang akan didanai oleh hibah Pemprov DKI Jakarta senilai Rp30 miliar.
Jembatan rusak di Depok Jawa Barat/Bisnis.com-Miftahul Khoer
Jembatan rusak di Depok Jawa Barat/Bisnis.com-Miftahul Khoer

Bisnis.com, DEPOK - Pemkot Depok segera melaksanakan tiga proyek yang akan didanai oleh hibah Pemprov DKI Jakarta senilai Rp30 miliar.

Kepala Seksi Perencanaan Program Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok Jumali mengatakan dana hibah tersebut tinggal mengetuk palu dari DPRD DKI Jakarta.

"Kami sudah usulkan sekitar Rp500 miliar, namun yang disetujui sekitar Rp30 miliar yang kini menunggu persetujuan dari dewan Jakarta," katanya, Jumat (28/10/2016).

Menurutnya, ketiga proyek tersebut antara untuk pengerjaan pembangunan dan pelebaran Jalan Limo-Cinere Rp5 miliar, penataan Setu Pedongkelan Rp15 miliar dan penataan kali cabang barat Rp10 miliar.

Usulan hibah tersebut dilakukan melalui sejumlah tahapan hingga survei dan penetapan lokasi. Adapun, DPRD DKI Jakarta belum memutuskan ihwal persetujuan hibah tersebut.

Dia menambahkan, hibah dari DKI Jakarta ke Pemkot Depok dilakukan atas kepentingan kedua daerah. Oleh karena itu, DKI Jakarta memberikan sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh penerima hibah.

"Depok menjadi salah satu area hulu Jakarta. Dengan adanya hibah maka manfaat yang dikerjakan Depok berimbas pada Jakarta," katanya.

Dia memberi contoh kemacetan yang terjadi di kawasan simpangan Jalan Limo yang tak sedikit warga Depok bekerja di wilayah Jakarta. Karena jalan Limo dinilai sempit, maka diharapkan dana hibah bisa menekan kemacetan jalan tersebut.

Adapun, kegiatan menekan angka banjir bisa dilakukan dengan pembenahan setu yang ada di Depok yakni Setu Pedongkelan yang berlokasi di Cimanggis atau berbatasan dengan arah Jakarta.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Depok Mazhab menuturkan agar Pemkot Depok menambah usulan dana hibah tersebut karena masih banyak persoalan Depok yang berimbas pada wilayah Jakarta.

Dia mengatakan saat ini terdapat 52 titik rawan banjir di Depok yang sedikit-banyak mampu berdampak pada Jakarta jika tidak segera ditanggulangi.

"Saran kami, lebih baik dana hibah fokus untuk mengatasi wilayah rawan banjit. Tahun depan ada 10 lokasi yang akan diatasi, jadi tinggal 42 lagi yang harus dibereskan," katanya.

Mazhab memaparkan, dana hibah yang dipastikan bakal cair senilai Rp30 miliar tersebut sebagian besar agar dilimpahkan guna menekan banjir yang berdampak pada Jakarta.

"Jadi kalau bisa Pemkot Depok usulkan kembali permohonan dana hibah itu hingga Rp50 miliar, karena manfaatnya akan sangat terasa untuk Jakarta," paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper