Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Strategi Manajemen Museum Nasional Gaet Lebih Banyak Pengunjung

Selain menjadi objek wisata, museum merupakan salah satu sarana edukasi untuk mengetahui peristiwa sejarah. Karena itu, manajemen Museum Nasional Jakarta terus berupaya menumbuhkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum.
Ramdha Mawaddha
Ramdha Mawaddha - Bisnis.com 13 Juni 2017  |  06:41 WIB
Ini Strategi Manajemen Museum Nasional Gaet Lebih Banyak Pengunjung
Wisatawan menikmati liburan dengan menggunakan kereta wisata di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (28/3). - Antara/Aprillio Akbar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--- Selain menjadi objek wisata, museum merupakan salah satu sarana edukasi untuk mengetahui peristiwa sejarah. Karena itu, manajemen Museum Nasional Jakarta terus berupaya menumbuhkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum.

Kepala Bidang Kemitraan dan Promosi Museum Nasional Dedah Rufaedah Sri Handari mengatakan, beragam upaya yang dilakukan manajemen Museum Nasional untuk menarik perhatian masyarakat mengunjungi museum. Salah satunya dengan melakukan kegiatan Akhir Pekan di Museum Nasional.

Akhir Pekan di Museum Nasional, tambahnya, sudah berlangsung sejak 2013. Kegiatan ini menggandeng Teater Koma untuk menampilkan pentas dongeng.
“Harapannya kami bisa menggaet pengunjung yang baru di luar yang sudah setia mengunjungi museum,” katanya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Dedah mengatakan, Akhir Pekan di Museum Nasional untuk tahun ini direncanakan sebanyak enam kali. Program telah terlaksana sebanyak dua kali, yaitu pada Mei dan Juni 2017.

Dedah menjelaskan, selain program ini, Museum Nasional juga memiliki kegiatan bernama Edukids yang berlangsung di Kids Corner. Kegiatan ini dikhususkan untuk anak Pendidiakn Anak Usia Dini (PAUD).

“Kami mendidik anak-anak untuk cinta budaya. Lewat kegiatan ini, mereka lebih mengenal museum dan akan menjadikannya pengalaman yang akan di bawa sampai dewasa,” tuturnya.

Selain program Edukids, tambahnya, manajemen Museum Nasional juga memiliki program Museum Goes to School. “Jadi kami tak hanya di sini [di Museum Nasional], kami juga mendekat ke sekolah-sekolah dan menjadi salah satu strategi kami,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

museum nasional
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top