Pasar Jaya Bakal Rubuhkan Blok G Demi Menata Tanah Abang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menata kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat mulai besok, Jumat (22/12/2017).
Feni Freycinetia Fitriani | 21 Desember 2017 15:31 WIB
Kawasan Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat semrawut - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menata kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat mulai besok, Jumat (22/12/2017).

Nantinya, Pemprov DKI berencana menutup ruas jalan yang terletak di depan Stasiun Tanah Abang sehingga pedagang kaki lima (PKL) bebas menjual barang dagangannya terhitung pukul 06.00-18.00 wib.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin menyambut baik kebijakan tersebut. Dia mengatakan badan usaha milik daerah itu sudah menyiapkan rencana untuk mendukung penataan Pasar Tanah Abang secara keseluruhan.Salah satunya terkait pengembangan Blok G.

"Blok G ini kan milik PD Pasar Jaya. Rencananya akan kami demolish [rubuhkan], lalu digantikan dengan bangunan baru," katanya di Balai Kota, Kamis (12/12/2017).

Menurutnya, perusahaan telah menunjuk tim untuk melakukan kajian kostruksi dan bangunan. Hasilnya, bangunan Blok G memang harus dirubuhkan dan diganti dengan yang baru.

Selain itu, Arief berencana mengintegrasikan Blok G dengan kawasan di sekitarnya. Termasuk membangun fasilitas baru untuk memaksimalkan kawasan tersebut.

"Nanti Blok G akan terintegrasi dengan Blok A, B, dan F. Di atas pasar juga akan dibangun rusun yang bisa dihuni warga," jelasnya.

Meski demikian, dia belum bisa memberikan kepastian kapan rencana tersebut dapat dieksekusi. Selain masih tahap kajian, Arief juga masih mencari solusi untuk para pedagang yang saat ini masih menempati kios-kios.

"Mudah-mudahan kami dapat tanah karena ternyata sulit mencari area untuk penampungan pedagang sementara waktu. Jika sudah ada, baru Blok G siap dikerjakan," katanya.

Tag : tanah abang
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top