Anies Siap Gelar Operasi Karbol Bersihkan Lumpur Banjir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan banjir di beberapa wilayah Ibu Kota perlahan surut seiring berkurangnya ketinggian air di Katulampa, Bogor.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 06 Februari 2018  |  15:30 WIB
Anies Siap Gelar Operasi Karbol Bersihkan Lumpur Banjir
Pedagang memasak saat banjir menggenangi kawasan Tanjung Duren, Jakarta, Selasa (21/2). - Antara/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan banjir di beberapa wilayah Ibu Kota perlahan surut seiring berkurangnya ketinggian air di Katulampa, Bogor.

"Alhamdulillah, saya dapat informasi ketinggian air di Katulampa saat ini sudah turun menjadi 70 cm dari sebelumnya 240 cm. Mudah-mudahan debit air ke Jakarta berkurang," katanya, Selasa (6/2/2018).

Dia menuturkan sudah menginstruksikan Walikota di masing-masing wilayah untuk menggelar Operasi Karbol di daerah yang terdampak banjir. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membersihkan lumpur pascabanjir.

"Begitu air surut, proses pembersihan akan dilakukan petugas. Semua akan diberi karbol memastikan tempat yang terkena banjir tidak meninggalkan kuman dan bakteri," imbuhnya.

Bukan itu saja, Anies juga memastikan Tim Kesehatan akan terus memantau kondisi warga dan pengungsi, khususnya anak-anak.

"Bila ada bayi atau balita yang sakit langsung lapor petugas untuk segera dibawa ke puskesmas," ucapnya.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat banjir melanda beberapa wilayah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Setidaknya ada 17 kelurahan yang terendam banjir.

Sembilan kelurahan terletak di Jakarta Timur, yaitu Cawang, Balekambang, Cililitan, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cipinang Muara, Gedong, Makassar, dan Rawa Terate.

Sementara itu, delapan kelurahan lain tersebar di Pejaten Timur, Rawajati, Pengadegan, Pondok Labu, Srengseng Sawah, Lenteng Agung, Kebon Baru, dan Manggarai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Banjir Jakarta

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top