Menanti "Sihir" Visual Ridwan Kamil Ubah Kalimalang Seindah Sungai Cheyonggyecheon di Seoul

Sebagai seorang arsitek, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal memiliki kemampuan menghadirkan '"sihir" visual yang bisa dinikmati masyarakat. Tengok saja Alun-Alun Kota Bandung.
Saeno | 12 September 2018 10:52 WIB
Pemandangan Sungai Cheonggyecheon, Seoul - visitseoul.net

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai seorang arsitek, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal memiliki kemampuan menghadirkan '"sihir" visual yang bisa dinikmati masyarakat. Tengok saja Alun-Alun Kota Bandung.

Kawasan yang tadinya sempat terjerembab sebagai daerah kumuh di tengah kota, dengan transaksi berahi di malam hari saat Alun-Alun temaram bahkan mendekati gelap, serta merta berubah eksotis dalam sentuhan pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Tidak perlu menjadi pendukung Ridwan Kamil untuk mengakui kemampuannya melakukan terobosan visual. Alun-alun Kota Bandung pun lantas menjadi tempat orang berwisata, bermain atau berkumpul dengan keluarga di atas rumput sintetis yang terhampar. Fungsi alun-alun sebagai taman kota seakan terwujud lebih baik setelah diolah penataaannya.

Selain itu, jika sempat mampir salat di Mesjid Al Irsyad di kawasan perumahan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, maka  Anda akan menyaksikan bukti kepiawaian Ridwan Kamil memanjakan kehausan akan keindahan visual.

Mesjid Al-Irsyad, Padalarang/kemenag.go.id

Di arah kiblat mesjid, yang biasanya dicirikan dengan kehadiran mihrab dan mimbar tempat khatib berceramah, tampak aksen lain yang terkesan syahdu: sebuah bundaran mirip bola pejal dengan kaligrafi bertuliskan Allah mempertegas ke mana kiblat Muslim sesungguhnya.

Tak hanya "bola" bertuliskan Allah, saat salat di Mesjid Al-Irsyad itu Anda pun berkesempatan mendengarkan kecipak ikan yang bergerak di parit kecil di dalam mesjid. Ditambah desau angin dan pemandangan yang masih hijau dengan rerumputan, suasana di Mesjid Al-Irsyad menjadi lebih syahdu.

Untuk diketahui, mesjid  dengan arsitektur  khas itu menyabet penghargaan National Frame Building Association dan masuk dalam daftar 5 besar Building of The Year 2010. Arsitektur mesjid itu mendapat penghargaan internasional karena sentuhan Ridwan Kamil sebagai seorang arsitek.

Kini, setelah menjadi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjanjikan sentuhan visual lain untuk sarana publik.

Melalui akun instagramnya, Kang Emil berencana merevitalisasi Kalimalang dengan target bisa seindah Sungai Cheyonggyecheon di Seoul yang sempat disusuri Presiden Jokowi, Selasa (11/9/2018) saat melakukan kunjungan ke Korea Selatan. 

Rencana Ridwan Kamil itu pun lantas mendapat beragam tanggapan.

“Uhuuuyyyy penghuni bekasi nanti planetnya jd keren wah bangga dong nanti nih yg pd punya paspor bekasi mantappplahhh~~~~~~,” tulis akun splashbaby.g

Sedangkan akun adilooks meminta Ridwan Kamil juga menata Garut, “Akaanngg garut doong,” ujarnya.

Sementara akun nenengrunengsih menyampaikan masukan berikut untuk Ridwan Kamil:

“Paakk emil mo kasih saran nihh...di sepanjang jln kali malang yg mo le arah cikarang jln raya ya dibagusin trus banyak tiang2 listrik bikin kagok saat berkendara blm lagi kabel2 listrik it sampe turun kejalanan pak it ngeri bgt klo pas hujan ngeri ke setrum... Trus di daerah medan satria bekasi dan sekitarnya saat hujan sering bgt banjir karena saluran airnya it gak dalem dan mentok gak ad terusannya yg mengakibatkan selokan got ya it meluap dan paling parah klo hujan it di harapan indah bisa banjir sepinggang pak jd akses ketutup klo banjir ~ trus banyakin taman bermain sma pohon pak biar serapan airny bisa ke pohon2 dan polusingy agak berkurang klo bnyak pepohonan....~ Terima kasih...”

Hal senada disampaikan aku denyners yang berkomentar, “Mantap om kang ridwan, sering2 pantau kab.bekasi, kab.Bogor, karawag trutama yg pinggir perbatasan om kang, kayaknya mule dr infrastruktur ,tata kota, terparah se jawa barat om kang ridwan, nuhun”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota bekasi, ridwan kamil

Sumber : Instagram
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top