Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gara-Gara Hal Ini LRT Jakarta Belum Bisa Angkut Penumpang Secara Komersial

PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta saat ini masih melaksanakan uji publik atau trial run fase I dengan rute Velodrome Rawamangun-Boulevard Utara.
LRT Jakarta/Bisnis-Feni Freycinetia Fitriani
LRT Jakarta/Bisnis-Feni Freycinetia Fitriani

Bisnis.com, JAKARTA--PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta saat ini masih melaksanakan uji publik atau trial run fase I dengan rute Velodrome Rawamangun-Boulevard Utara.

Corporate Communication PT LRT Jakarta Melissa Suciati mengatakan moda transportasi tersebut baru bisa beroperasi secara komersial setelah mendapat "lampu hijau" dari Pemprov DKI Jakarta.

Menurutnya, saat ini pihak LRT Jakarta masih memproses semua dokumen administrasi yang dibutuhkan.

"Harapannya dalam minggu ini atau minggu depan sudah ada titik terangnya dari perusahaan holding kami, yaitu PT Jakarta Propertindo untuk progres administrasinya," katanya di stasiun Velodrome Rawamangun, Kamis (11/7/2019).

Meski berstatus sebagai anak usaha PT Jakpro, Melissa menuturkan posisi PT LRT Jakarta hanya sebagai operator yang menjalankan dan bersinggungan langsung dengan penumpang.

Karena itu, PT LRT Jakarta hanya bisa memastikan semua kegiatan dan tim di lapangan siap menerima penumpang hingga akhirnya beroperasi secara komersil.

Selama proses trial run, sarana dan prasarana LRT Jakarta fase I dapat diakses masyarakat mulai pukul 05.30 WIB-23.00 WIB. Dia mengatakan trial run memang sudah menjadi rangkaian sebelum operasional.

"Proses trial run ini ada ketetapan di Peraturan Gubernur [Pergub]. Jadi bukannya mengada-ada, ini jadi bagian kesiapan kami menuju operasi secara komersil," jelasnya.

Dia menegaskan masyarakat dapat menjajal kereta LRT Jakarta secara gratis selama periode uji publik berlangsung. Warga bisa datang langsung ke stasiun Velodrome untuk bisa merasakan naik kereta layang menuju stasiun Boulevard Utara yang terletak di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurutnya, sarana dan prasarana LRT Jakarta saat ini sudah selesai 100%. Seluruh stasiun, kecuali di Depo Pegangsaan II, sudah dapat digunakan secara optimal.

"Pekerjaan fisik di Depo Pegangsaan II saat ini tinggal 98%. Kontraktornya PT Jakpro. Ada pekerjaan sistem, electrical [listrik], dan lainnya. Secara garis besarnya itu, detailnya bisa tanya ke pengembang," ujar Melissa.

LRT Jakarta koridor I fase I Velodrome-Kelapa Gading direncanakan akan  beroperasi mulai pukul 05.30 WIB-23.00 WIB pada hari kerja (Senin-Jumat) dan pukul 07.00 wib-23.00 wib pada akhir pekan (Sabtu-Minggu). 

Satu rangkaian kereta dapat mengangkut sekitar 1.080 penumpang. Adapun, jarak antar kereta (headway) berlangsung sekitar 5 menit-15 menit dengan jumlah perjalanan sebanyak 245-282 perjalanan setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper