Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pileg 2019: PDIP Kuasai DPRD DKI, tapi Caleg Gerindra Dominan Puncaki Dapil

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP boleh saja meraup suara terbanyak dalam Pileg 2019 untuk pemilihan anggota DPRD DKI Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP boleh saja meraup suara terbanyak dalam Pileg 2019 untuk pemilihan anggota DPRD DKI Jakarta.

Namun, Partai Gerindra bisa juga berbangga karena kader-kadernya lebih dominan menguasai daerah pemilihan (dapil). Dari 10 dapil di DKI Jakarta, caleg Gerindra meraih suara terbanyak di empat dapil, disusul PDIP dengan tiga dapil, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dua dapil, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) satu dapil.

Caleg Gerindra menguasai Dapil DKI Jakarta 2, Dapil DKI Jakarta 3, Dapil DKI Jakarta 7, dan Dapil Jakarta 8 (lihat tabel). Bahkan caleg peraih suara terbanyak se-DKI Jakarta adalah kader Gerindra pula yakni Purwanto dengan 36.782 suara.

Sejumlah politisi tenar terbukti mampu menghimpun suara terbanyak di dapil masing-masing. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menjadi jawara di Dapil DKI Jakarta 1 yang meliputi seluruh kecamatan di Kota Jakarta Pusat.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Mohammad Taufik menjadi pemuncak di Dapil DKI Jakarta 3 yang mencakup Kecamatan Penjaringan, Pademangan, dan Tanjung Priok di Kota Jakarta Utara. Staf mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Ima Mahdiah, menguasai Dapil DKI Jakarta 10 yang meliputi Kecamatan Taman Sari, Grogol, Petamburan, Palmerah, Kebon Jeruk, dan Kembangan di Kota Jakarta Barat.

Senin (26/8/2019) hari ini, 106 anggota DPRD DKI Jakarta dilantik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper