Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ganjil-Genap Jakarta PSBB Transisi, Dishub Wacanakan Berlakukan untuk Motor

Ganjil genap Jakarta akan diterapkan untuk sepeda motor jika evaluasi pemerintah menunjukkan pergerakan orang tidak dapat ditekan melalui mekanisme lama
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Agustus 2020  |  12:37 WIB
Peta jalan yang menerapkan ganjil genap per 3 Agustus 2020 - Dok. Dishub DKI jakarta
Peta jalan yang menerapkan ganjil genap per 3 Agustus 2020 - Dok. Dishub DKI jakarta

Bisnis.com, JAKARTA – Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memberlakukan ganjil-genap  seharian dan sepeda motor jika dalam evaluasi beberapa waktu ke depan tidak terjadi pengurangan pergerakan orang di Ibu Kota guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya mempetimbangkan berbagai skenario agar pergerakan orang di Jakarta berkurang. Setelah pengaktifan kembali ganjil genap, akan dijalankan skenario seharian dan pembatasan sepeda motor jika masih terjadi penumpukan orang di Jakarta.

"Jika nanti  analisa kami ternyata mobilitas warga tidak terjadi perubahan pada periode pelaksanaan PSBB transisi maka bisa saja kami menerapkan  ganjil-genap sepanjang hari bahkan bisa juga mengenakan kepada kendaraan roda dua," kata Syafrin, dilansir Antara, Minggu (2/8/2020).

Jakarta akan mulai menerapkan ganjil genap mulai besok, Senin (3/8/2020). Terdapat 25 ruas jalan yang akan dikenakan aturan pembatasan kendaraan melintas itu. Adapun keduapuluh lima jalan tersebut diantaranya Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk Jalan Majapahit, Jalan Medan Merdeka Barat.

Kemudian Jalan M.H. Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraj, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati, mulai dari Persimpangan Jalan Ketimun 1 hingga Persimpangan Jalan TB Simatupang;Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kyai Caringi, Jalan Tomang Raya, Jalan Jenderal S. Parman mulai dari persimpangan Jalan Tomang Raya hingga Jalan Gatot Subroto.

Selanjutnya, Jalan Gatot Subroto, Jalan M.T. Haryono, Jalan H.R. Rasuna Said, Jalan D.I. Panjaitan, Jalan Jenderal A. Yani mulai dari Persimpangan Jalan Bekasi Timur Raya hingga Persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya Sisi Barat dan Jalan Salemba Raya Sisi Timur, mulai dari persimpangan Jalan Paseban Raya hingga persimpangan Jalan Diponegoro.

Sisanya adalah Jalan Kramat Raya, Jalan Stasiun Senen serta Jalan Gunung Sahari.  

 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan mulai Senin,  penerapan ganjil-genap bagi mobil di Jakarta diberlakukan pukul 06.00-10.00 WIB pada pagi hari dan pukul 16.00-21.00 WIB pada sore hari. Dia mengimbau kepada warga Jakarta, tujuan diberlakukan pembatasan lalu lintas dengan ganjil genap adalah untuk menurunkan mobilitas warga yang tidak penting, guna menekan penyebaran Covid-19.

"Jangan lakukan pergerakan yang tidak penting. Bagi warga yang mendapatkan penugasan bekerja dari rumah silakan, dari rumah bisa melakukan zoom meeting, jadi tidak harus bergerak ke pusat-pusat kegiatan kemudian menimbulkan keramaian," ujar Syafrin menambahkan.

Untuk tiga hari ke depan atau dari Senin (3/8/2020) hingga Rabu (6/8/2020), Ditlantas Polda Metro Jaya tidak memberlakukan penindakan atas pelanggaran ganjil-genap. Petugas masih menerapkan sosialisasi bagi kendaraan roda empat yang melanggar kebijakan ini.

"Tetapi mulai hari Kamis (7/8), berbarengan dengan selesainya Operasi Patuh Jaya tanggal 5 Agustus, barulah kita tindak kendaraan-kendaraan pelanggar aturan ganjil genap, baik secara manual maupun elektronik," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ganjil genap Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Sumber : Antara

Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top