Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bupati Bogor Ajukan Rumpin Sebagai Ibu Kota Bogor Barat

Rumpin merupakan kawasan yang strategis karena berbatasan dengan Kota Tangerang Selatan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  16:40 WIB
Ilustrasi: Kendaraan roda empat menggunakan jalur
Ilustrasi: Kendaraan roda empat menggunakan jalur "contraflow" menuju arah Sukabumi di pintu keluar Tol Jagorawi KM 44, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/8/2020). - ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, BOGOR — Bupati Bogor Ade Yasin mengajukan Kecamatan Rumpin sebagai calon ibu kota daerah otonomi baru Kabupaten Bogor Barat.

"Pemerintah Kabupaten Bogor berpandangan bahwa Kecamatan Rumpin merupakan wilayah yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai ibu kota calon wilayah pemekaran Kabupaten Bogor Barat," ungkapnya, Jumat (14/8/2020).

Menurutnya, penunjukan Rumpin sebagai ibu kota itu tak lepas dari pertimbangan potensi dan sumber daya yang dimiliki sehingga menjadi daerah otonom yang dapat meningkatkan pelayanan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat.

"Rumpin secara terminologi dapat kita maknai sebagai rumah pimpinan atau sarumpun sapimpinan," kata Ade.

Kemudian, dia menyebutkan bahwa Rumpin merupakan kawasan yang strategis karena berbatasan dengan Kota Tangerang Selatan, Banten. Menurutnya, karena letaknya yang strategis itu membuat Rumpin sangat potensial dijadikan kawasan bisnis unggulan di Kawasan Kabupaten Bogor Barat.

"Dari segi topografi juga di Kecamatan Rumpin ini terdapat dua situ dengan luas 2,7 hektare dan sejumlah mata air yang berfungsi sebagai reservoir atau tempat resapan air dan dapat dimanfaatkan sebagai pertanian, budidaya perikanan dan pariwisata," paparnya.

Di samping itu, menurutnya Rumpin memiliki potensi sumber daya alam berupa batu andesit terbaik di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bogor Ibu Kota Dipindah

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top