Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bantuan Langsung Tunai 2021: Pemprov DKI Siapkan Rp1,55 Triliun

BLT atau bantuan langsung tunai tersebut dialokasikan bagi warga Ibu Kota yang terdampak pandemi Covid-19 selama tahun 2021.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 03 Januari 2021  |  11:47 WIB
Ilustrasi - Antara/Yusuf Nugroho
Ilustrasi - Antara/Yusuf Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp1,55 triliun untuk pelaksanaan bantuan langsung tunai.

BLT atau bantuan langsung tunai tersebut dialokasikan bagi warga Ibu Kota yang terdampak pandemi Covid-19 selama tahun 2021.

Anggaran diperoleh dari pos Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp3,2 triliun dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 yang telah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta untuk penanganan pandemi Covid-19.

Sementara itu, sisanya Rp1,65 triliun, bakal digunakan untuk program vaksinasi Covid-19 pada tahun 2021.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menjelaskan, keputusan tersebut diambil setelah pihaknya menggelar rapat pimpinan gabungan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Hari ini kita menggelar rapimgab setelah Gubernur menyampaikan surat kepada DPRD dengan nomor 472/-1.713 tanggal 30 Desember 2020,” kata Prasetio dalam keterangannya pada Minggu (3/1/2021).

Pengalokasian dana tersebut sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

Demikian dijelaskan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta Edi Sumantri.

“Juga merujuk Surat Edaran Mendagri nomor 910/6650/SJ yang diterima pada 8 Desember 2020 kemarin dan harus dianggarkan pada perangkat daerah yang melaksanakan urusanan kesehatan yakni Dinas Kesehatan DKI,” terangnya.

Edi menerangkan dana BTT juga bakal dialokasikan kepada Dinas Sosial DKI Jakarta untuk menjalankan program Bantuan Sosial Tunai sebagai upaya membantu perekonomian masyarakat Ibu Kota.

“Pengalihan anggaran BTT ke Dinas Kesehatan sebesar Rp1,65 triliun dan ke Dinas Sosial Rp1,55 triliun,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta bantuan langsung tunai
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top