Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Depok Batasi Pengunjung Tempat Wisata, Mal, dan Bioskop

Jumlah pengunjung lokasi wisatan, mal, dan bioskop di Kota Depok, Jawa Barat, dibatasi untuk meminimalkan kerumunan yang terjadi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Mei 2021  |  09:16 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris (ANTARA - Foto: Feru Lantara)
Wali Kota Depok Mohammad Idris (ANTARA - Foto: Feru Lantara)

Bisnis.com, DEPOK - Demi meminimalkan kerumunan, warga Depok yang akan mengunjungi tempat wisata, mal, serta bioskop dibatasi jumlahnya.

Selama masa libur hari Raya Idul Fitri 12 - 16 Mei 2021 tempat pariwisata tetap dibuka. Namun, jumlah pengunjung dibatasi hanya 20 persen dari kapasitas. Penanggung jawab tempat wisata harus membuat surat pernyataan terkait hal itu.

Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangannya, Minggu (9/5/2021) menyatakan hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor : 443/201.1-Huk/Satgas.

Surat edaran ini berisi tentang Perubahan Atas Surat Edaran Nomor 443/231-Huk/Satgas tentang Pengendalian Mobilitas Penduduk selama Masa Sebelum Peniadaan Mudik, Pada Masa Peniadaan Mudik, dan Setelah Masa Peniadaan Mudik Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Perubahan yang dimaksud yaitu ketentuan angka 3 sehingga berbunyi sebagai berikut, Protokol aktivitas warga di tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan selama masa Libur Hari Raya Idul Fitri dari tanggal 12 - 16 Mei 2021.

Seperti tempat wisata dan wahana keluarga dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Maksimal pengunjung sebanyak 20 persen dan penanggung jawab harus membuat surat pernyataan.

Untuk pusat perbelanjaan dan bioskop, juga diterapkan aturan yang sama. Jumlah pengunjung maksimal 30 persen dari kapasitas dan penanggungjawab pusat perbelanjaan wajib membuat surat pernyataan.

Kemudian, kegiatan di tempat-tempat umum lainnya, merujuk ketentuan dalam Peraturan Wali Kota Depok Nomor 59 Tahun 2020.

Perwalkot itu terkait tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Secara Proporsional Pra Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Rangka Pencegahan, Penanganan, dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Peraturan Wali Kota Depok telah mengalami perubahan beberapa kali. Terakhir, berlaku Peraturan Wali Kota Depok Nomor 15 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Wali Kota Depok Nomor 59 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Secara Proporsional Pra Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Rangka Pencegahan, Penanganan, dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Selain itu, Wali Kota Depok menerbitkan Surat Edaran Nomor: 451/ 171-Huk tentang Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H /2021 M Dalam Masa Pandemi COVID-19. Termasuk, Surat Edaran Wali Kota Nomor: 451/203-Huk tentang Penyelenggaraan Kegiatan Itikaf, Sholat Idul Fitri dan Perayaan Idul Fitri 1442 H/ 2021 M Selama Masa Pandemi Covid-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

depok lebaran Covid-19 kerumunan

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top