Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Jakarta Sulit Cari Rumah Sakit Akibat Omicron, Begini Kondisi di Lapangan

Berdasarkan regulasi baru, untuk pasien Virus Corona varian Omicron, disarankan untuk isolasi mandiri, tanpa harus dirawat ke rumah sakit.
Petugas menyiapkan obat Covid-19 di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021). Mulai hari ini, Pemerintah Pusat resmi membagikan sebanyak 300.000 paket obat gratis berupa multivitamin, Azithtromycin, dan Oseltamivir bagi pasien  Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Petugas menyiapkan obat Covid-19 di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021). Mulai hari ini, Pemerintah Pusat resmi membagikan sebanyak 300.000 paket obat gratis berupa multivitamin, Azithtromycin, dan Oseltamivir bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Isoman Omicron

Widyastuti menyebut, bahwa berdasarkan regulasi baru, untuk pasien Virus Corona varian Omicron, disarankan untuk isolasi mandiri, tanpa harus dirawat ke rumah sakit.

Hal itu karena, dari beberapa jurnal medis internasional, gejala pasien varian Omicron tidak seberat pasien varian Delta.

"Jadi, seperti beberapa pemberitaan dan jurnal-jurnal medis yang ada bahwa kasus Omicron tidak seberat varian Delta, sehingga atas regulasi yang baru dari Kemenkes untuk asimtomatis dan ringan bisa isoman, sudah disiapkan telemedicine," ujarnya.

Selain pengawasan dari telemedicine, Widyastuti menegaskan pihaknya juga bekerja sama dengan puskesmas dan satgas dari tingkat RT untuk membantu memantau isolasi mandiri.

"Artinya mulai dari keluarga, satgas RT, tim kesehatan dan bahwa varian hampir 80-90 persen hasil WGS di DKI itu Omicron. Sisanya belum keluar hasilnya atau varian yang lain. Nah mengerucut dari berbagai jurnal-jurnal bahwa Omicron tidak seberat varian lain dan diinfokan bahwa tidak langsung mengenai paru-paru," ujarnya.

Dia menambahkan, pasien Omicron gejalanya lebih ringan sehingga dengan istirahat cukup, memenuhi prokes yang baik, pastikan vaksinnya sudah tercukupi dengan benar.

"Artinya, seandainya kena itu OTG atau ringan saja, InsyaAllah sembuh," katanya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Gejala Sedang hingga Berat
Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper