Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sebanyak 72.638 Warga DKI Jakarta Idap HIV-AIDS

Sebanyak 72.638 orang menderita HIV-AIDS atau masuk dalam kategori orang dengan HIV-AIDS (ODHA) hingga Desember 2021.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 26 April 2022  |  17:01 WIB
Sebanyak 72.638 Warga DKI Jakarta  Idap HIV-AIDS
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat menghadiri acara pelantikan Ketua RT/RW di Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara, Senin malam (24/1/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat sebanyak 72.638 orang menderita HIV-AIDS atau masuk dalam kategori orang dengan HIV-AIDS (ODHA) hingga Desember 2021.

Sementara itu, untuk pengidap human immunodeficiency virus (HIV) tanpa AIDS pada periode yang sama tercatat sebanyak 64.916 orang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan dari total seluruh penderita HIV-AIDS di Ibu Kota, terdapat sebanyak 28.629 orang yang masih dalam perawatan. Parahnya, 60 persen penderita tuberkulosis di DKI merupakan pengidap HIV.

"Selama Januari hingga Juni 2021, ada sebanyak 60 persen penderita tuberkulosis yang juga mengetahui dirinya terjangkit HIV," ujar Riza di Jakarta pada Selasa (26/4/2022).

Dia menilai, upaya memperkuat penanggulangan tuberkulosis-HIV perlu dilakukan untuk mencapai zero HIV-AIDS di Jakarta yang ditargetkan terealisasi pada 2030.


Riza mengatakan terdapat beberapa upaya untuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi serta mengakselerasi penanggulangan Tuberkulosis-HIV sejumlah hal.

Pertama, memperkuat perencanaan program bersama tuberkulosis - HIV. Kedua, memperkuat pencatatan pelaporan. Ketiga, melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi tuberkulosis - HIV.

"Semoga dengan upaya tersebut tujuan akhir getting to zero AIDS 2030 atau zero new infection dan zero dicrimination tercapai tepat pada waktunya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta hiv aids
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top