Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Lebaran 2022, Ratusan Pengunjung Kecewa Tidak Bisa Masuk Taman Margasatwa Ragunan

Ratusan pengunjung tidak bisa memasuki Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, karena belum melakukan pendaftaran secara daring.
Petugas memberitahu wajib daftar online di depan pintu Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (4/5/2022)./Antara
Petugas memberitahu wajib daftar online di depan pintu Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (4/5/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ratusan pengunjung tidak bisa memasuki Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, karena belum melakukan pendaftaran secara daring (online).

Pada pukul 11.00 WIB, Rabu (4/5/2022), para pengemudi motor menepikan kendaraannya di sisi Jalan Harsono RM tepat di depan pintu utama Taman Margasatwa.

Mereka menepi untuk bertanya kepada petugas Kepolisian yang memegang papan bertuliskan "Harus Daftar 'Online' Untuk Bisa Masuk Ragunan".

"Harus daftar 'online' dulu Pak, baru bisa masuk. Kalau daftar sekarang mungkin baru bisa masuk besok," kata petugas polisi yang memegang papan tersebut.

Beberapa pengunjung mengaku tidak tahu prosedur pendaftaran "online" padahal sudah datang dari lokasi yang cukup jauh.

"Ha?Daftar 'online'? Gimana caranya itu?," kata pria yang mengemudikan motor seraya bertanya kepada anak dan istrinya yang ada di bangku belakang.

Karena tidak bisa masuk, dia pun akhirnya memutuskan untuk putar balik. Padahal, dia berniat mengisi libur Lebaran dengan mengunjungi Ragunan.

"Saya ini datang jauh dari Cileungsi Pak. Sudah bonceng bertiga anak istri, sudah bawa rantang sama karpet, eh malah ga bisa masuk," kata Yudi, salah satu pengunjung.

Dia mengaku mendengar kabar bahwa untuk masuk ke Taman Margasatwa Ragunan harus mendaftar daring terlebih dahulu. Namun demikian, dia mengaku tidak paham cara mendaftarnya.

"Aku tidak paham gitu gituan, harus ada 'online'. Saya taunya mau jalan jalan sama keluarga aja," kata dia.

Hal yang sama juga dikatakan Suhatinah. Dia bersama keluarganya mengaku tidak bisa masuk karena belum melakukan pendaftaran daring.

"Saya ini dari Cibubur sudah panas-panas naik angkot malah enggak bisa masuk," katanya.

Dia akhirnya mengurungkan niat untuk berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan.

Bagi warga yang ingin memesan tiket bisa mengunjungi akun Instagram Taman Margasatwa Ragunan, yakni @ragunanzoo. Di akun tersebut tertera link pendaftaran yang bertuliskan linktr.ee/pesantiketragunan.

45 Ribu Orang

Sekitar 45 ribu orang diperkirakan mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, pada Rabu (4/5/2022).

Perkiraan jumlah pengunjung sebanyak 45.000 orang itu setara dengan 75 persen kapasitas Taman Margasatwa Ragunan.

"Kita perkirakan hari ini puncaknya, maksimal 45.000 atau setara dengan kapasitas 75 persen Taman Margasatwa Ragunan," kata staf Layanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, saat dikonfirmasi di lokasi.

Wahyu mengatakan hal tersebut mungkin saja terjadi mengingat hingga siang ini jumlah pengunjung hingga siang ini saja sudah mencapai 10.000 orang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi lonjakan jumlah pengunjung hari ini. Langkah pertama adalah menyediakan pos pengamanan di dua pintu utama.

Pos pengamanan itu disediakan guna mengantisipasi tindak Kriminal yang terjadi di kawasan taman seperti copet dan pencurian lainnya.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Polsek Pasar Minggu untuk menyebar petugas keamanan di seluruh wilayah taman.

"Petugas keamanan yang kita sebar itu yang berseragam maupun yang tidak berseragam," ujarnya.

Pihaknya juga menugaskan beberapa petugas untuk berkeliling sambil mengingat pengunjung untuk menaati protokol kesehatan.

Hingga saat ini, jumlah pengunjung terus bertambah setiap jamnya. Dia berharap hari ini jumlah pengunjung bisa mencapai angka maksimal.

"Kita harapan bisa mencapai maksimal dan kegiatan wisata bisa berjalan dengan aman dan lancar," tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper