Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Zona Merah! Kualitas Udara Jakarta Nomor 1 Terburuk di Dunia Pagi Ini

Kualitas udara Kota Jakarta pada Sabtu (30/7/2022) pukul 07.00 WIB berada di zona merah atau tidak sehat.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 30 Juli 2022  |  07:57 WIB
Zona Merah! Kualitas Udara Jakarta Nomor 1 Terburuk di Dunia Pagi Ini
Sejumlah kendaraan bermotor melintasi Jalan Gatot Subroto di Jakarta, Rabu (11/8/2021). Menurut Koalisi Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta, polusi udara Jakarta memburuk pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Juli 2021 karena melampaui baku mutu polusi udara harian sebesar 55 ?g - m3 untuk kandungan partikulat berukuran di bawah 2,5 mikrometer atau meningkat empat hingga enam kali lipat dibanding Juni 2021 (berdasarkan status Baku Mutu Udara Ambient PM 2,5 di stasiun pemanta

Bisnis.com, JAKARTA – Kualitas udara Kota Jakarta pada Sabtu (30/7/2022) pukul 07.00 WIB berada di zona merah atau tidak sehat.

Dikutip dari data situs pemantau kualitas udara di kota-kota di dunia, IQAir, bahwa pada pukul 07.00 WIB hari ini, kualitas udara di Kota Jakarta berada di posisi pertama terburuk di dunia dengan indeks AQI US 152.

Kota Jakarta menjadi satu-satunya kota yang berada di zona merah pada pukul 07.00 WIB.

Menurut IQAir, pagi ini konsentrasi PM2.5 di udara Jakarta  11, 6 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Polusi partikel halus, yang dikenal sebagai PM2.5, adalah polutan udara yang paling berbahaya dan dipantau secara luas.

Partikel ini ditemukan sebagai faktor utama yang berkontribusi terhadap efek kesehatan seperti asma, stroke, penyakit jantung dan paru-paru. PM2.5 menyebabkan jutaan kematian dini setiap tahun.

Adapun, kota-kota lain di dunia berada di zona oranye dan kuning. Zona oranye bermakna kualitas udara tidak sehat bagi kelompok sensitif. Sementara, zona kuning bermakna kualitas udara sedang.

Ada 5 kota berada di zona oranye yaitu: Beijing dengan indeks AQI US 146, Kota Lahore dengan indeks AQI US 140, Kota Chengdu dengan indeks AQI US 114, Kota Snatiago denga indeks AQI US 110, dan Kota Tehran dengan indeks AQI US 109.

Sementara, kota-kota lain berada di zona kuning seperti Milan dengan indeks AQI US 98, Riyads dengan indeks AQI US 97, dan Senzhen dengan indeks AQI US 95.

Untuk melindungi diri dari paparan polusi udara di Jakarta disarankan mengenakan masker di laur ruangan, menutup jendela untuk menghindari udara yang kotor, menghindari aktivitas di luar ruangan, dan menggunakan pemurni udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kualitas udara polusi udara polusi jakarta
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top