Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Erwin Aksa dan Rosan Roeslani Menangkan Anies Jadi Gubernur DKI

Mantan Ketua Umum BPP HIPMI Erwin Aksa mengenang kebersamaannya dengan Rosan Roeslani saat memenangkan Anies di Pilkada 2017 sebagai Gubernur DKI
Cerita Erwin Aksa dan Rosan Roeslani Menangkan Anies Jadi Gubernur DKI./Bisnis-Dwi Prasetya
Cerita Erwin Aksa dan Rosan Roeslani Menangkan Anies Jadi Gubernur DKI./Bisnis-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Ketua Umum BPP HIPMI Erwin Aksa mengenang kebersamaannya dengan Duta Besar untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Roeslani saat memenangkan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2017. 

"Sebuah cerita singkat yang belum pernah terungkap, bagaimana saya dan sahabat saya Pak Rosan ikut menjadi bagian dari bagaimana terpilihnya Mas Anies Rasyid Basweda dan sahabat saya Sandiaga Uno di pemilihan Pilgub DKI pada waktu itu," kata Erwin di Twitter.

Dia kemudian melanjutkan kisahnya dalam sebuah video yang diunggah di Twitter. Dalam videonya, dia mengenang kembali kala dirinya dan Rosan diundang ke Istana Negara 5 tahun silam. 

"Saya dan sahabat saya pak Roeslani pada waktu itu duduk di belakang kemudian kami bersama-sama pulang lebih awal kami makan di Restauran di Gadjah Mada malam itu," katanya.

Dalam perjalanan pulang, mereka kemudian menelepon Sandiaga Uno yang kala itu akan maju dalam Pilkada 2017. Bahkan, awalnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu akan menjadi Calon Gubernur dan berpasangan dengan Yoyok Riyo Sudibyo, mantan Bupati Batang.

"Namun batal karena isunya ditarik oleh Nasdem pada saat itu. Saya ingat kami berdua saya dan pak Rosan di mobil berjam-jam berpikir bagaimana mencari pasangan pak Sandi. Kemudian terlintas nama Anies Baswedan," tuturnya. 

Erwin kemudian meminta pendapat Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang kala itu tengah berasa di Amerika Serikat untuk agenda Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Beliau mengangkat telpon saya memberikan masukan kalau mau menang harus yang berpengalaman. Paling tidak Anies sudah pernah menjadi menteri walau hanya beberapa tahun. Beliau meminta saya dan Pak Rosan untuk meyakinkan Sandi untuk ikhlas menjadi nomor dua atau calon Wakil Gubernur," tuturnya. 

Pasangan Anies-Sandi pun akhirnya memenangkan Pilkada DKI Jakarta pada 2017. Dikala, lanjut Erwin, berbagai macam lembaga survey menyebut pasangan Anies dan Sandi tidak lah menjadi pasangan yang dijagokan. 

"Tetapi alhamdulillah, dengan kerja keras dari semua pihak dan doa kepada Allah SWT, akhirnya Mas Anies dan Sandi terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Terima kasih Anies Baswedan untuk pengabdiannya selama memimpin Ibu kota DKI Jakarta," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper