Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ragunan Dipadati Wisatawan saat Libur HUT ke-78 RI 17 Agustus 2023

Pengunjung memadati taman margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan pada momen Hari Libur Nasional untuk memperingati HUT ke-78 RI pada Kamis (17/8/20
Wisatawan mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, di Jakarta, Selasa (27/6)./JIBI-Nurul Hidayat
Wisatawan mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, di Jakarta, Selasa (27/6)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Pengunjung memadati taman margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan pada momen Hari Libur Nasional untuk memperingati HUT ke-78 RI pada Kamis (17/8/2023). 

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi pada Kamis siang, antrean kendaraan mulai terlihat di pintu masuk utama Taman Margasatwa Ragunan. Ratusan kendaraan roda empat juga telah terparkir di salah satu destinasi wisata di Jakarta itu. 

Namun, tidak sedikit pula pengunjung yang datang ke kawasan Taman Margasatwa Ragunan dengan menggunakan moda transportasi Transjakarta.

Taman Margasatwa Ragunan sendiri menjadi destinasi wisata pilihan dari berbagai lapisan masyarakat karena harga tiket masuknya tergolong murah. 

Untuk bisa menikmati keindahan dari 2.000 ekor satwa dan lebih dari 50.000 koleksi tanaman, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. 

“Murah untuk harga tiket masuk ke Ragunan, jadi pas untuk orang-orang yang dadakan mau liburan seperti kami,” ujar salah satu pengunjung Ragunan, Maria Septiani (23) kepada Bisnis, Kamis (17/8/2023). 

Selain karena tarif tiket masuknya yang terjangkau, Maria memilih Taman Margasatwa Ragunan sebagai pilihan karena letaknya yang strategis dan dapat diakses dengan transportasi umum. 

Tidak hanya untuk menikmati keindahan berbagai fauna dan flora yang ada di Taman Margasatwa Ragunan, perempuan berusia 23 tahun itu mengaku akan melaksanakan Ibadah Kebaktian Padang bersama dengan 70 orang anggota gereja lainnya. 

Seperti diketahui, untuk berkunjung ke destinasi wisata ini, Taman Margasatwa Ragunan mematok tarif masuk sebesar Rp4.000 bagi pengunjung dewasa dan Rp3.000 bagi pengunjung anak-anak. 

Selain itu, bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi saat berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan, mereka perlu membayar tiket masuk bagi kendaraan, yang dibanderol seharga  Rp1.000 untuk sepeda, Rp3.000 untuk motor, Rp6.000 untuk mobil, Rp12.500 untuk bus sedang, serta tarif sebesar Rp15.000 untuk bus besar. 

Adapun, tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan dapat dibeli secara online maupun offline atau secara langsung ketika pengunjung tiba di destinasi wisata tersebut.  

Pembelian tiket secara online dapat dilakukan melalui aplikasi Taman Margasatwa Ragunan yang dapat diunduh di Play Store.  

Berikut cara membeli tiket Taman Margasatwa Ragunan secara online: 

  1. Unduh aplikasi Taman Margasatwa Ragunan di Play Store 
  2. Pilih menu 'beli tiket', lalu masuk ke halaman registrasi 
  3. Pilih pilihan 'daftar' bagi pengunjung yang belum memiliki akun  
  4. Daftar akun dengan mengisi data diri yang dibutuhkan lalu klik pilihan 'daftar' 
  5. Selanjutnya, pengguna akan mendapatkan kode OTP yang akan dikirimkan via SMS. Pastikan nomor handphone yang didaftarkan dalam keadaan aktif  
  6. Isi 6 digit kode OTP, lalu klik 'kirim' 
  7. Pada menu utama, pilih 'beli tiket' untuk membeli tiket masuk 
  8. Pilih tanggal kunjungan, jumlah tiket dan tiket kendaraan, lalu klik 'lanjut' 
  9. Lalu, pengunjung dapat mengonfirmasi detail pesanan dan checklist kolom syarat dan ketentuan 
  10. Pilih metode pembayaran yang diinginkan lalu klik 'lanjut' 
  11. Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih, baik melalui virtual account (VA) ataupun QRIS 
  12. Klik 'tab tiket saya' untuk mendapat QR tiket masuk bagi pengunjung dan kendaraan 
  13. Tunjukkan QR tersebut kepada petugas ketika akan memasuki kawasan Taman Margasatwa Ragunan  

Masyarakat juga dapat membeli tiket masuk secara offline dengan menggunakan kartu JakCard. Dengan Jakcard, pengunjung dapat sekaligus membeli tiket masuk untuk rombongan.

Saldo JakCard bisa diisi ulang (top-up) di loket Taman Margasatwa Ragunan. Untuk harga Rp45.000 dengan saldo Rp20.000, dan harga Rp75.000 untuk saldo Rp50.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper